Tingkatkan Kompetensi Anak Bangsa, Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Februari 2019 - 12:09 WIB

Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat
Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pupuk Indonesia Grup launching program magang mahasiswa bersertifikat di Gedung Pupuk Indonesia (1/2/2019). Pada launching tersebut Pupuk Indonesia melepas 20 dari total 110 mahasiswa/i penerima program magang berserifikat yang akan melaksanakan program magang di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya. 

Program magang mahasiswa bersertifikat ini merupakan program untuk pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui program pemagangan di BUMN untuk membentuk SDM yang unggul. 

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (2/2/2019) menyebutkan, program Magang Mahsiswa Bersertifikat Pupuk Indonesia Grup tersebut diresmikan oleh Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia, Winardi. 


“Untuk menjawab tantangan SDM BUMN di masa yang akan datang, kami perlu menjalankan program yang dapat menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui program pemagangan di BUMN dan mencetak SDM yang berdaya saing global” jelas Winardi.

Seleksi program Magang Bersertikat dimulai sejak Desember 2018 hingga Januari 2019 dan dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta yaitu: Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, Institut Teknik Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Lhouksemawe, Universitas Sriwidjaja, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jambi.   

Program magang bersertifikat efektif dijalankan oleh 110 mahasiswa/i pilihan serentak kemarin (1/2/2019) di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya yaitu Petrokimia Gresik di Gresik, Pupuk Sriwidjaja di Palembang, Pupuk Kujang di Cikampek, Pupuk Kalimantan Timur di Bontang, Pupuk Iskandar Muda di Lhokseumawe dan Rekayasa Industri di Jakarta. 

Program magang tersebut dibagi menjadi 2 Batch yaitu Batch 1 di bulan Februari – Juli 2019 dan Batch 2 Juni/Juli – November/Desember 2019. 

Program magang bersertifikat Pupuk Indonesia Grup dibagi menjadi dua jenis pelaksanaan magang yaitu magang bersertifikat kompetensi yaitu mahasiswa yang melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi bidang yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tersebut selama 6 bulan.

Dalam pelaksanaanya peserta magang akan melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan kompetensi bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional dan magang bersertifikasi industry yaitu mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan project yang diberikan oleh pihak industry selama enam bulan. 

Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah ditentukan yang kemudian di akui oleh pihak industry dengan mengeluarkan sertifikat industry sesuai dengan project tersebut.

“Kami berharap program sertifikasi mahasiswa  ini akan menambah wawasan baru serta peningkatan kompetensi untuk mahasiswa sehingga dapat menghasilkan prestasi yang baik di masa yang akan datang” tutup Winardi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.

Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:42 WIB

Berikan Perlindungan Menyeluruh Si Kecil Sejak Hari Pertama Sekolah

Orangtua harus melindungi anak tidak hanya dalam aspek psikologis, tetapi juga aspek kesehatan gigi dan mulut.