Tingkatkan Kompetensi Anak Bangsa, Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Februari 2019 - 12:09 WIB

Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat
Pupuk Indonesia Launching Program Mahasiswa Bersertifikat

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pupuk Indonesia Grup launching program magang mahasiswa bersertifikat di Gedung Pupuk Indonesia (1/2/2019). Pada launching tersebut Pupuk Indonesia melepas 20 dari total 110 mahasiswa/i penerima program magang berserifikat yang akan melaksanakan program magang di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya. 

Program magang mahasiswa bersertifikat ini merupakan program untuk pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui program pemagangan di BUMN untuk membentuk SDM yang unggul. 

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (2/2/2019) menyebutkan, program Magang Mahsiswa Bersertifikat Pupuk Indonesia Grup tersebut diresmikan oleh Direktur SDM & Tata Kelola Pupuk Indonesia, Winardi. 


“Untuk menjawab tantangan SDM BUMN di masa yang akan datang, kami perlu menjalankan program yang dapat menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui program pemagangan di BUMN dan mencetak SDM yang berdaya saing global” jelas Winardi.

Seleksi program Magang Bersertikat dimulai sejak Desember 2018 hingga Januari 2019 dan dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta yaitu: Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, Institut Teknik Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Lhouksemawe, Universitas Sriwidjaja, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jambi.   

Program magang bersertifikat efektif dijalankan oleh 110 mahasiswa/i pilihan serentak kemarin (1/2/2019) di Pupuk Indonesia dan Anak Usahanya yaitu Petrokimia Gresik di Gresik, Pupuk Sriwidjaja di Palembang, Pupuk Kujang di Cikampek, Pupuk Kalimantan Timur di Bontang, Pupuk Iskandar Muda di Lhokseumawe dan Rekayasa Industri di Jakarta. 

Program magang tersebut dibagi menjadi 2 Batch yaitu Batch 1 di bulan Februari – Juli 2019 dan Batch 2 Juni/Juli – November/Desember 2019. 

Program magang bersertifikat Pupuk Indonesia Grup dibagi menjadi dua jenis pelaksanaan magang yaitu magang bersertifikat kompetensi yaitu mahasiswa yang melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi bidang yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tersebut selama 6 bulan.

Dalam pelaksanaanya peserta magang akan melaksanakan uji kompetensi sesuai dengan kompetensi bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional dan magang bersertifikasi industry yaitu mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan project yang diberikan oleh pihak industry selama enam bulan. 

Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah ditentukan yang kemudian di akui oleh pihak industry dengan mengeluarkan sertifikat industry sesuai dengan project tersebut.

“Kami berharap program sertifikasi mahasiswa  ini akan menambah wawasan baru serta peningkatan kompetensi untuk mahasiswa sehingga dapat menghasilkan prestasi yang baik di masa yang akan datang” tutup Winardi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:40 WIB

Genjot Program Santripreneur, Kemenperin Siapkan Anggaran Capai Rp10 Miliar

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) semakin gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program…

Presiden Direktur BCA Syariah Jhon Kosasih bersama direksi lainnya

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:25 WIB

2020, Pertumbuhan BCA Syariah Dibidik 15 Persen

PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) komitmen untuk menjalankan fungsi intermediasi secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Elnusa Petrofin

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:23 WIB

Elnusa Petrofin Dukung Peningkatan Keselamatan Distribusi BBM

PT Elnusa Petrofin (EPN) terus melakukan terobosan untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan…

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:09 WIB

Anggota IRRI Tertarik Terapkan Agriculture War Room

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell mengunjungi Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian, Selasa (18/2).

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:01 WIB

Komposisi Pembiayaan BCA Syariah Terbesar ke Komersil

Penyaluran pembiayaan BCA Syariah di Desember 2019 mencapai Rp5,6 triliun atau meninggat 15,2% secara yoy sementara industri perbankan syariah tumbuh 11,6% yoy (data November 2019).