DPR: Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Susu Sapi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Januari 2019 - 09:00 WIB

Ilustrasi siswa sekolah minum susu (Foto Ist)
Ilustrasi siswa sekolah minum susu (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian untuk fokus meningkatkan produksi susu sapi perah dari sektor peternakan guna memenuhi kebutuhan susu segar dalam negeri yang selama ini masih impor.

"Ke depan jangan fokus saja di pangan, karena masih ada industri lain yang perlu ditingkatkan. Kita harus mulai berani memaksakan di sektor susu ini karena kita mengimpor susu cukup besar," kata Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo usai menghadiri Rakernas Pembangunan Pertanian 2019 di Jakarta, Senin (14/1/2019)

Edhy menjelaskan bahwa selain pangan, Kementerian Pertanian sudah saatnya meningkatkan produksi dari sektor lain, yakni susu segar. Hal itu karena sekitar 80 persen dari kebutuhan susu nasional masih dipenuhi dari impor, salah satunya dari Selandia Baru.

Ia mengungkapkan bahwa keterbatasan anggaran menjadi kendala bagi Kementan untuk meningkatkan produksi susu segar melalui populasi sapi perah yang harus ditambah.

Edhy pun meminta agar Menteri Keuangan Sri Mulyani bisa menambah alokasi anggaran untuk Kementan dalam pengelolaan susu sapi segar.

"Kalau melihat anggaran Kementan itu hanya satu persen dari anggaran belanja modal. Ini mudah-mudahan untuk anggaran ke depan, Menteri Keuangan lebih fokus memberi ke Kementerian Pertanian," kata Edhy.

Meski kinerja Kementan sektor peternakan dan perkebunan diakui masih belum mencatat prestasi, Edhy mengapresiasi kinerja di sektor pangan selama empat tahun terakhir, terutama produksi gabah dan jagung yang harus dipertahankan.

Terkait dengan perbedaan data BPS pendekatan lama (eye estimate) dengan pendekatan baru (Kerangka Sampel Area/ KSA) yang sempat menjadi polemik, Edhy menegaskan agar Kementan jangan ragu menyampaikan hitungan dari Kementrian teknis terkait kondisi dan data produksi pangan nasional.

"Saya ingin menyampaikan pada Kementan bahwasanya kalau datanya benar sampaikan saja," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…