DPR: Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Susu Sapi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Januari 2019 - 09:00 WIB

Ilustrasi siswa sekolah minum susu (Foto Ist)
Ilustrasi siswa sekolah minum susu (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian untuk fokus meningkatkan produksi susu sapi perah dari sektor peternakan guna memenuhi kebutuhan susu segar dalam negeri yang selama ini masih impor.

"Ke depan jangan fokus saja di pangan, karena masih ada industri lain yang perlu ditingkatkan. Kita harus mulai berani memaksakan di sektor susu ini karena kita mengimpor susu cukup besar," kata Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo usai menghadiri Rakernas Pembangunan Pertanian 2019 di Jakarta, Senin (14/1/2019)

Edhy menjelaskan bahwa selain pangan, Kementerian Pertanian sudah saatnya meningkatkan produksi dari sektor lain, yakni susu segar. Hal itu karena sekitar 80 persen dari kebutuhan susu nasional masih dipenuhi dari impor, salah satunya dari Selandia Baru.

Ia mengungkapkan bahwa keterbatasan anggaran menjadi kendala bagi Kementan untuk meningkatkan produksi susu segar melalui populasi sapi perah yang harus ditambah.

Edhy pun meminta agar Menteri Keuangan Sri Mulyani bisa menambah alokasi anggaran untuk Kementan dalam pengelolaan susu sapi segar.

"Kalau melihat anggaran Kementan itu hanya satu persen dari anggaran belanja modal. Ini mudah-mudahan untuk anggaran ke depan, Menteri Keuangan lebih fokus memberi ke Kementerian Pertanian," kata Edhy.

Meski kinerja Kementan sektor peternakan dan perkebunan diakui masih belum mencatat prestasi, Edhy mengapresiasi kinerja di sektor pangan selama empat tahun terakhir, terutama produksi gabah dan jagung yang harus dipertahankan.

Terkait dengan perbedaan data BPS pendekatan lama (eye estimate) dengan pendekatan baru (Kerangka Sampel Area/ KSA) yang sempat menjadi polemik, Edhy menegaskan agar Kementan jangan ragu menyampaikan hitungan dari Kementrian teknis terkait kondisi dan data produksi pangan nasional.

"Saya ingin menyampaikan pada Kementan bahwasanya kalau datanya benar sampaikan saja," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 KuCoin, Bursa Kripto Global, Merangkul Tokoin, Proyek Blockchain #1 di Indonesia, untuk Mengedepankan Revolusi Industri 4.0 bagi Bangsa

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:58 WIB

Tokoin Kini Dipercaya Oleh Kucoin untuk Ikut Membangun Komunitas Kucoin di Indonesia

Jakarta-Setelah sukses melakukan proses penjualan token melalui program Spotlight milik platform bursa kripto KuCoin, Tokoin kini dipercaya oleh KuCoin untuk ikut membangun komunitas KuCoin…

Sambut HUT KPR BTN ke 43, Perseroan akan meningkatkan peran lebih besar dalam mendukung program rumah bagi rakyat sekaligus bersiap untuk berfokus dalam membidik segmen generasi milenial

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:37 WIB

BTN Telah Salurkan KPR Rp300 Triliun Untuk Biayai 5 Juta Masyarakat Indonesia

Jakarta-Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) KPR ke 43 yang jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Semarang - Keberadaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB - KUMKM) masih sangat diperlukan untuk pengembangan KUMKM dan masih efektif.

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:19 WIB

Hasil Kajian UKM Center UI: Keberadaan LPDB-KUMKM Masih Sangat Diperlukan

Semarang - Keberadaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB - KUMKM) masih sangat diperlukan untuk pengembangan KUMKM dan masih efektif.

Masyarakat Bone yang tersebar di seluruh Indonesia mendeklarasikan pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya (FK-MBR) di Jakarta, pekan lalu Sabtu (30/11/2019).

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:07 WIB

Diaspora Bone Sepakat Nurdin Halid Jadi Ketum Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya

Jakarta – Masyarakat Bone yang tersebar di seluruh Indonesia mendeklarasikan pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya (FK-MBR) di Jakarta, pekan lalu Sabtu (30/11/2019). Salah satu…

Didi Kempot Sebagai Brand Ambassador Shopee

Minggu, 08 Desember 2019 - 13:00 WIB

Didi Kempot Sebagai Brand Ambassador Shopee

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan mengumumkan kolaborasi dengan Didi Kempot sebagai brand ambassador terbaru bersamaan dengan kemeriahan Shopee 12.12 Birthday…