Terapkan Prinsip Nirlimbah, Sawit Sumbermas Sarana Komitmen Ciptakan Nilai Tambah Untuk Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Desember 2018 - 15:42 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) berkomitmen untuk menciptakan nilai tambah bukan hanya untuk masyarakat tetapi juga lingkungan dengan menerapkan prinsip nirlimbah yang berarti hasil sampingan dari proses produksi CPO akan digunakan untuk keperluan lain.

"Limbah cair dari pabrik akan ditangani menggunakan bakteri lalu kemudian didistribusikan kembali ke perkebunan sebagai pupuk. Sementara itu, sebagian limbah serat dan inti sawit dikirim ke Program Integrasi sawit-sapi sebagai bagian dari pakan ternak, kelompok sapi yang masing-masingnya terdiri dari 200 ekor akan memakan vegetasi hama di kebun dan dipindahkan oleh penggembala ke wilayah lain setelah wilayahnya bersih," kata Andre Taufan, Corporate Communication Manager SSMS kepada pers di Jakarta, Senin (17/12/2019).

Lalu akan kembali ke wilayah yang sama setelah 60 hari dan rotasi ini terus belanjut hingga sapinya ditarik untuk tujuan pengembangbiakan atau penjualan. Saat ini, sekitar 5.383 sapi yang dirotasi di dalam kebun.

Selain itu, limbah serat dan cangkang digunakan sebagai bahan bakar boiler, yang merupakan sumber listrik untuk seluruh operasional pabrik dan beberapa rumah tangga di sekitar wilayah operasi. 

"Energi terbarukan ini memenuhi hingga 90% kebutuhan listrik pabrik, ditambah dengan generator diesel sebagai cadangan," kata Andre.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 14/2012 mensyaratkan perusahaan dengan konsumsi energi ekuivalen dengan 6.000 ton minyak untuk menerapkan atau memiliki di antaranya prosedur pengelolaan energi, audit energi, dan manajer energi.

"SSMS berpatisipasi dalam hal ini, sehingga mencerminkan kepercayaan SSMS bahwa rantai pasok kelapa sawit yang berkelanjutan bukanlah angan semata dan kelapa sawit memiliki banyak potensi untuk dikembangkan di masa depan," ujar Andre.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…