Terapkan Prinsip Nirlimbah, Sawit Sumbermas Sarana Komitmen Ciptakan Nilai Tambah Untuk Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Desember 2018 - 15:42 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) berkomitmen untuk menciptakan nilai tambah bukan hanya untuk masyarakat tetapi juga lingkungan dengan menerapkan prinsip nirlimbah yang berarti hasil sampingan dari proses produksi CPO akan digunakan untuk keperluan lain.

"Limbah cair dari pabrik akan ditangani menggunakan bakteri lalu kemudian didistribusikan kembali ke perkebunan sebagai pupuk. Sementara itu, sebagian limbah serat dan inti sawit dikirim ke Program Integrasi sawit-sapi sebagai bagian dari pakan ternak, kelompok sapi yang masing-masingnya terdiri dari 200 ekor akan memakan vegetasi hama di kebun dan dipindahkan oleh penggembala ke wilayah lain setelah wilayahnya bersih," kata Andre Taufan, Corporate Communication Manager SSMS kepada pers di Jakarta, Senin (17/12/2019).

Lalu akan kembali ke wilayah yang sama setelah 60 hari dan rotasi ini terus belanjut hingga sapinya ditarik untuk tujuan pengembangbiakan atau penjualan. Saat ini, sekitar 5.383 sapi yang dirotasi di dalam kebun.

Selain itu, limbah serat dan cangkang digunakan sebagai bahan bakar boiler, yang merupakan sumber listrik untuk seluruh operasional pabrik dan beberapa rumah tangga di sekitar wilayah operasi. 

"Energi terbarukan ini memenuhi hingga 90% kebutuhan listrik pabrik, ditambah dengan generator diesel sebagai cadangan," kata Andre.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 14/2012 mensyaratkan perusahaan dengan konsumsi energi ekuivalen dengan 6.000 ton minyak untuk menerapkan atau memiliki di antaranya prosedur pengelolaan energi, audit energi, dan manajer energi.

"SSMS berpatisipasi dalam hal ini, sehingga mencerminkan kepercayaan SSMS bahwa rantai pasok kelapa sawit yang berkelanjutan bukanlah angan semata dan kelapa sawit memiliki banyak potensi untuk dikembangkan di masa depan," ujar Andre.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…

Gelar Harkopnas 2020 Secara Virtual, Dekopin Menanti Arahan Presiden

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:55 WIB

Undang Presiden di Harkopnas Virtual 2020, Nurdin Halid: Covid-19 Momentum Redesain Struktur Ekonomi Negara

Jakarta-Wabah Covid-19 tidak membuat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mati gaya. Wadah tunggal gerakan Koperasi Indonesia itu berencana menggelar peringatan Hari Koperasi ke-73 pada 12 Juli…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto Tempo)

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:12 WIB

Kabar Gembira, Menkeu Sri Mulyani Bakal Gelontorkan Insentif Pajak Sebesar Rp123,01 Triliun untuk Dunia Usaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah akan mendukung dunia usaha bertahan dari dampak COVID-19 dengan memberikan insentif perpajakan mencapai Rp123,01 triliun.…

Kantor Visa (foto Kontan.co.id)

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:48 WIB

Ande Gandeng Visa Foundation dan Usaid Rilis Program Advancing Women's Empowerment Fund

Aspen Network of Development Entrepreneurs (ANDE) bersama dengan U.S. Agency for International Development (USAID) dan Visa Foundation mengumumkan bahwa delapan organisasi telah terpilih untuk…