Indonesia-Taiwan Kerja-Sama Pemberdayaan Petani

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 17:09 WIB

Petani Padi (Ilustrasi)
Petani Padi (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Indonesia dan Taiwan melakukan kerja sama bidang pertanian terutama pada pemberdayaan petani di Tanah Air.

"Kami melakukan kerja sama terutama dalam bidang pertanian, bagaimana meningkatkan taraf hidup para petani. Bulan lalu, kami mengirim 30 petani ke Taiwan untuk belajar mengenai pertanian di sana," ujar Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian, Mesah Tarigan, usai seminar 42 Tahun Kerja Sama Pertanian Taiwan dan Indonesia di Jakarta, Kamis (6/12/2018)

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengirim 40 petani ke Taiwan. Mesah mengatakan Taiwan memiliki keunggulan di bidang pertanian, terutama dalam hal benih.

"Benih kita masih belum begitu bagus, kita masih impor. Beberapa hal yang sudah sukses hasil kerja sama dengan Taiwan seperti jambu batu kristal di Bogor dan asparagus di Bali," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei, John C Chen, mengatakan kerja sama Indonesia dan Taiwan sudah terjalin sejak 42 tahun yang lalu.

"Sampai saat ini berbagai program kerja sama telah dilaksanakan, termasuk di dalamnya perbaikan sistem budidaya, baik budidaya jamur, asparagus, jeruk, maupun ternak," kata Chen.

Beberapa proyek kerja sama, sampai saat ini ada 18 proyek, di antaranya Project OVOP Bali , Project Agribisnis Bogor , Peningkatan dan Pengembangan Pertanian Korporasi Area Bandung , Pengembangan Padi Varietas Unggul di Sulawesi Selatan , dan Kerja Sama Area Percontohan Pertanian di Karawang .

Di Bali, ada seorang petani yang hidup dalam kesusahan, setelah ikut pelatihan Project One Product One Village (OVOP) Bali dalam budidaya asparagus, sekarang pendapatannya lebih stabil, dan juga meningkat besar dibanding dulu, dan mendapat banyak pujian dari masyarakat sekitar.

"Kami berharap kerja sama antara Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara yang saling menguntungkan dan saling memakmurkan. Indonesia adalah partner kerja sama paling penting bagi Taiwan di bawah kebijakan ini, dan selama dua tahun ini Taiwan secara aktif meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, memperdalam hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia, dan memperat hubungan antar masyarakat," jelas Chen.

Indonesia dan Taiwan juga memiliki mega proyek pertanian di Karawang, Jawa Barat. Kerja sama meliputi pengembangan teknik irigasi, beras, hortikultura, ternak, dan asosiasi pertanian. Taiwan dengan organisasi irigasi modern, peralatan dan mesin pertanian yang modern, konsultasi teknis, pelatihan SDM, dan kunjungan lapangan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…