Produksi CPO Bulan September Capai Titik Tertinggi Volume Produksi Kelapa Sawit Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:29 WIB

Ilustrasi Kelapa Sawit (ist)
Ilustrasi Kelapa Sawit (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) pada September tahun ini meningkat dan berpotensi mencapai titik tertinggi volume produksi kelapa sawit pada tahun ini. Namun, waspadai penurunan produksi CPO semenjak memasuki Oktober dan berlanjut pada bulan-bulan mendatang.

"Kami memperkirakan produksi CPO pada September bisa melewati angka 4,25 juta ton. Musim kemarau yang masih berlangsung di sebagian besar wilayah Indonesia, turut mendukung peningkatan produksi minyak kelapa sawit," kata Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun kepada pers di Jakarta, Jumat (12/10/2018). 

Kenaikan produksi pada September lalu, menurut Derom, memang tidak signifikan dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. "Tapi itu sudah bagus dan menjadi produksi yang tertinggi," ungkapnya.

Sebagai perbandingan, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat, produksi CPO pada Agustus 2018 mencapai 4,06 juta ton. Jika produksi CPO September mencapai 4,25 juta ton, produksi tersebut meningkat sekitar 4,68%.

Derom menilai, memasuki Oktober, produksi CPO berpotensi melambat. Sebab, mulai Oktober ini hujan diperkirakan akan mengguyur sejumlah wilayah perkebunan dan sentra produksi kelapa sawit. 

"Memang secara umum begitu siklusnya, produksi September dominan. Tapi biasanya Oktober akan menurun sedikit, November menurun lagi lebih banyak dan Desember menurun lagi," ujarnya.

Setelah mencapai puncak produksi pada September, lanjut Derom, panen kelapa sawit pada Oktober hingga akhir tahun mendatang akan memasuki siklus penurunan produksi. 

"Siklus curah hujan pada bulan-bulan di pengujung tahun yang mengguyur sejumlah kawasan pusat produksi CPO akan menekan produksi kelapa sawit," tutur Derom. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menggunakan Panser Anoa milik Detasemen Kavaleri 3/Serigala Ceta dalam rangka menghadiri HUT Bhayangkara…

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Konga XXIII-N/UNIFIL atau Indobatt menggelar latihan kesiapsiagaan Batalyon Mobile Reserve (BMR) dari Kompi Delta secara…

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono,M.Tr (Han)

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Dukung Prajurit Marinir Ikuti Kemajuan Teknologi

- “Kalian harus terus mengisi dan mengembangkan diri dengan ilmu serta mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang”, ucap Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor…

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Bisnis Pontang-panting, Pengusaha Butuh Stimulus Modal Kerja Rp 600 Triliun

"Kami hitung bersama dengan Kadin untuk sektor tekstil, transportasi, dan sektor manufaktur lainnya itu membutuhkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 triliun untuk setahun,"

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…