Harga CPO Malaysia Turun Pasca Kenaikan Tajam Awal Pekan ini

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 26 September 2018 - 07:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia turun menjadi RM2.157 per ton pada Selasa (25/09/2018) dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di level RM2.163 per ton ketika harga komoditas sawit tersebut naik 1%.

Kenaikan harga minyak mentah dan stabilnya harga minyak kedelai menjadi pendorong utama bagi kenaikan CPO pada Senin (24/09/2018), dimana kenaikan itu juga tercatat sebagai yang terbesar dalam dua pekan terakhir.

Harga minyak mentah Brent mencapai level tertinggi sejak November 2014 ke posisi US$81,48 per barel, begitu juga minyak WTI yang mendekati level US$73 per barel karena pasar memprediksi pasokan akan berkurang setelah AS mengenakan sanksi ekspor minyak mentah Iran mulai 4 November nanti.

Selain itu, OPEC yang belum akan meningkatkan produksi juga menjadi sentimen positif bagi harga minyak mentah gloal.
Kenaikan harga minyak mentah turut berdampak terhadap harga CPO karena minyak nabati ini juga diolah menjadi biodiesel. Harga minyak mentah dan CPO cenderung memiliki korelasi positif.


Sementara itu, stabilitas harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT) setelah naik 1,8% juga menjadi sentimen positif bagi harga CPO. Kompetitor CPO ini menguat karena kemungkinan terganggunya panen di AS.

Melihat pergerakan tersebut, jika harga minyak mentah dan minyak kedelai hari ini melemah, maka harga CPO diprediksi terkoreksi di kisaran RM2.145-2.182 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…