BNI Pertahankan Keunggulan Layanan Trade Finance

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 September 2018 - 09:06 WIB

PT. Bank Negara Indonesia (BNI)
PT. Bank Negara Indonesia (BNI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kedelapan kalinya sejak 2010 kembali menerima pengakuan sebagai bank yang memiliki layanan "trade finance" terbaik, hingga dinobatkan sebagai "The Best Trade Finance Bank" se-Indonesia dari media bisnis perbankan Alpha Southeast Asia yang berbasis di Hong Kong.

Untuk itu, Alpha Southeast Asia sebagai pelaksana survei menyerahkan plakat penghargaan Best Trade Finance Bank in Indonesia kepada Direktur Tresuri & Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo di Singapura, Selasa (18/9/2018).

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, Rico mengatakan, setiap produk yang disiapkan BNI untuk melayani nasabah pada transaksi internasional ditopang oleh dukungan jaringan kantor cabang yang terbesar dimiliki oleh bank nasional asal Indonesia. Saat ini, BNI memiliki kantor di Singapura, Hong Kong, Tokyo-Jepang, Osaka-Jepang, Seoul-Korea Selatan, New York-Amerika Serikat, London-Inggris, dan Yangon-Myanmar.

"Bisnis trade finance BNI berkontribusi pada pencapaian 'fee based income' sebesar 11,7 persen dari 'total fee based income' BNI," kata Rico.

Dijelaskan, setiap tahunnya media bisnis perbankan Alpha South East Asia yang berbasis di Hong Kong mengadakan kompetisi lembaga keuangan di negara-negara kawasan Asia Tenggara yaitu, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Kompetisi yang sudah berjalan selama 10 tahun ini memberikan penghargaan kepada lembaga keuangan untuk beberapa kategori di masing-masing negara.

Melihat kondisi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, katanya, BNI akan mendukung pemerintah dalam meningkatkan cadangan devisa dengan memberikan fasilitas "trade finance" yang mudah dan cepat untuk mendorong sektor ekspor. Ke depan BNI akan meningkatkan upaya pelatihan, pendampingan, dan pengembangan produk dan "pricing strategy" tidak hanya untuk nasabah "corporate" namun juga untuk UMKM yang memiliki potensi ekspor.

Bergairahnya proyek-proyek infratruktur di dalam negeri yang menjadi sorotan pemerintah RI telah menjadikan BNI sebagai lembaga keuangan yang unggul dalam penyediaan layanan pembiayaan khususnya Supply Chain Financing (SCF) dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) di mana kedua jenis transaksi ini mendominasi pelaku pasar keuangan di dalam negeri.

Selama Periode Januari 2018 hingga Agustus 2018, BNI mampu membukukan volume "trade finance" sebesar 30,3 miliar dolar AS tumbuh 17,4 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy).

Melihat kecenderungan tersebut, BNI terus berupaya meningkatkan dan memperbaharui produk-produk layanannya, tidak hanya pada bisnis 'Trade Finance', akan tetapi juga transaksi-transaksi lain yang berhubungan, seperti layanan 'Cash Management'.

"Cash Management BNI terintegrasi dengan platform Digital Banking dan Kredit Korporasi untuk menarik lebih banyak nasabah dan mengembangkan pasar yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan tingkat utilisasi produk," kata Rico.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mabes TNI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 03:48 WIB

Mabes TNI Mutasi 72 Perwira Tinggi

Markas Besar TNI melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 72 orang perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

PostgreSQL Security Team meyakini bahwa registrasi kerentanan keamanan yang terdaftar dalam sistem Common Vulnerabilities & Exposures (CVE) dengan nomor CVE-2019-9193 merupakan sebuah kekeliruan.

Selasa, 25 Juni 2019 - 21:31 WIB

Untuk Kali Pertama, PG Conference Asia 2019 Digelar di Luar Jepang

PGConf.Asia 2019, perhelatan tingkat dunia yang menyuguhkan pemaparan tentang seluruh aspek PostgreSQL, akan digelar di Bali mulai 9 hingga 12 September 2019dengan tema “Saat bisnis bertemu…

Renailt K Range (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 20:35 WIB

Seri Terbaru Renault Trucks, K Range Resmi Masuk Indonesia

Perusahaan otomotif asal Prancis, Renault resmi memperkenalkan seri produk truk terbarunya, K Range. Dalam peluncuran kali ini, Renault menggandeng PT Indo Traktor Utama sebagai distributor…

Bincang-bincang bersama Sasa

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:58 WIB

Pertahankan Kualitas, Sasa Terus Berinovasi Dalam Berbagai Produk

Sebagai perusahaan dalam kategori pembuat bumbu dapur atau kitchen food brand, PT Sasa Inti (Sasa) telah berhasil tumbuh menjadi merek lokal terdepan yang memimpin pasar, baik untuk pasar lokal…

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:45 WIB

GMF Siap Buka Bengkel di Bandara Kertajati

PT GMF AeroAsia Tbk,. akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan berencana membuka bengkel di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.