Lahan Gambut Bisa Dioptimalkan Terkait Peningkatan Perekonomian

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 September 2018 - 14:39 WIB

Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)
Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)

INDUSTRY.co.id - Pontianak - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasioal/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengemukakan bahwa seharusnya lahan gambut di Kalimantan Barat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Lahan gambut seharusnya meningkatkan perekonomian Kalbar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan justru sebaliknya, justru dianggap sebagai bencana akibat sering terbakar, kata,” Bambang di Pontianak, Jumat (7/9/2018)

Dia mengatakan, program Memperkuat Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) sebagal Pusat Belajar Mitigasi Perubahan Iklim di Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarajkan Kementerian PPN/Bappenas dan Universitas Tanjungpura Pontianak, dan didukung banyak lembaga terkait, tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kawasan gambut.

"Kami tidak ingin kebakaran lahan gambut yang besar pada 2015 terulang kembali. Karena itu, kita harus melakukan pengelolaan lahan gambut agar kebakaran lahan gambut tidak terjadi lagi," tuturnya.

Menurutnya, pengelolaan lahan gambut ini menjadi perhatian dunia sehingga pemerintah Indonesia juga sangat serius dalam menangani hal ini, dengan membentu BRG, dan melaksanakan program ini.

"Untuk menangani masalah gambut, kita harus mencari penyebab utamanya agar gambut di sekitar kita tidak menimbulkan bencana, tetapi justru sebaliknya--memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Pihaknya menyambut baik peran Untan dalam mengantisipasi kebakaran gambut dengan mendorong kegiatan ekonomi perdesaan yaitu memanfaatkan seoptimal mungkin lahan gambut.

"Saya yakin, Gubernur Kalbar yang baru saja dilantik, bapak Sutarmidji dan Ria Norsan bersama Untan memimiliki komitmen yang tinggi untuk mengantisipasi kebakaran gambut dan memberdayakan lahan gambut untuk kesejahteraan masyarakat," kata Bambang.

Menurutnya, upaya hari ini sangat penting untuk membuktikan komitmen pemerintah Indonesia untuk mencegah kebakaran gambut, karena dunia internasional juga menyoroti serius hal ini.  

"Kami dari Kementrian PNN/Bappenas, jelas akan mendukung penuh inisiasi program ini, karena yakin keberadaan gambut bisa mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Minggu, 28 April 2024 - 05:18 WIB

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Dalam rangka penghijauan, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Ketua PG Jalasenastri Korps Marinir Ny. Nana Endi Supardi melaksanakan…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi,

Minggu, 28 April 2024 - 05:11 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Remikan Bangunan di Sorong

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., meresmikan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana (Sarpras) Korps Marinir TNI AL wilayah…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi

Minggu, 28 April 2024 - 05:01 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Bangga kepada Kotps Marinir Berkat Prestasi Gemilang

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., saat memimpin apel khusus Prajurit Petarung Marinir Ufuk Timur di Kesatrian Agoes Soebekti,…

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…