Petani Sungailiat Bangka Keluhkan Harga Sawit Rp650/ Kg

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 14:02 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sungailiat - Sejumlah petani kelapa sawit di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluh akibat harga kelapa sawit hanya mencapai Rp650 sampai Rp700 perkilogram.

"Sudah dua bulan ini harga sawit di tingkat pedagang mengalami penurunan dari Rp1.000 perkilogram menjadi Rp650 sampai Rp700 perkilogram," kata petani sawit Sungailiat, Calvin di Sungailiat, Senin (23/7/2018)

Dengan harga kelapa sawit saat ini yang kurang dari Rp1.000 perkilogram tentu merugikan pihak petani karena tidak sebanding dengan biaya pemupukan termasuk biaya rutin pemeliharaan kebun.

"Saya berharap pemerintah segera membantu mencarikan solusi yang tengah dihadapi petani sawit," katanya.

Keluhan yang sama juga dikatakan petani lainnya, Adi Muslih, menurutnya harga kelapa sawit ditingkat pedagang mempengaruhi mencapai 50 persen dari sebelumnya rata-rata perbulan sebesar Rp2 juta sekarang hanya mampu Rp1 juta perbulan.

Pendapatan hasil penjualan kelapa sawit tersebut belum dipotong biaya pemupukan, pemeliharaan rutin kebun termasuk biaya angkut.

"Cukup terbeban bagi petani dengan harga kelapa sawit yang hanya mencapai kurang Rp1.000 perkilogram mengingat biaya operasional kebun cukup besar," katanya kepda Antara.

Menurunya harga kelapa yang terjadi beberapa bulan ini juga mengakibatkan sejumlah petani harus mengurangi volume pemupukan bahkan ada pula petani yang mencari pekerjaan lain guna mencukupi kebutuhan keluarga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Industri 4.0

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:05 WIB

Pacu Implementasi Industri 4.0, RI Bakal Diguyur Dana Senilai USD 50 Juta oleh Dewan Riset Korsel

Indonesia dan Korea Selatan semakin menguatkan kerja sama di sektor manufaktur, terutama dalam kesiapan implementasi industri 4.0.

Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:00 WIB

Menghadapi Ketergantunan Teknologi di Ruang Kerja

Seperti yang kita ketahui, kantor-kantor dulunya dipenuhi oleh lautan dokumen, slip biaya perjalanan, mesin faks, ponsel berukuran batu bata hingga mesin tik. Namun, evolusi teknologi modern…

Didi Kempot Sebagai Brand Ambassador Shopee

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

Shopee Catatkan Pencapaian Rp1,3 Triliun GMV dalam 24 Jam

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan 1,3 Triliun Rupiah GMV dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday…

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto pada acara The 2nd Indonesia Japan Automotive Dialogue di Bali.

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

RI-Jepang Perkuat Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

Indonesia dan Jepang terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mendorong percepatan produksi kendaraan yang ramah lingkungan. Langkah strategis ini diwujudkan…

League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:38 WIB

Dukung Timnas Balap Sepeda ke Sea Games 2019, League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Memiliki detail khas nasionalisme, apparel special edition yang didesain atas inspirasi semangat bersepeda dari ICF (Indonesian Cycling Federation) atau yang juga dikenal dengan ISSI (Ikatan…