Petani Sungailiat Bangka Keluhkan Harga Sawit Rp650/ Kg

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 14:02 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sungailiat - Sejumlah petani kelapa sawit di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluh akibat harga kelapa sawit hanya mencapai Rp650 sampai Rp700 perkilogram.

"Sudah dua bulan ini harga sawit di tingkat pedagang mengalami penurunan dari Rp1.000 perkilogram menjadi Rp650 sampai Rp700 perkilogram," kata petani sawit Sungailiat, Calvin di Sungailiat, Senin (23/7/2018)

Dengan harga kelapa sawit saat ini yang kurang dari Rp1.000 perkilogram tentu merugikan pihak petani karena tidak sebanding dengan biaya pemupukan termasuk biaya rutin pemeliharaan kebun.

"Saya berharap pemerintah segera membantu mencarikan solusi yang tengah dihadapi petani sawit," katanya.

Keluhan yang sama juga dikatakan petani lainnya, Adi Muslih, menurutnya harga kelapa sawit ditingkat pedagang mempengaruhi mencapai 50 persen dari sebelumnya rata-rata perbulan sebesar Rp2 juta sekarang hanya mampu Rp1 juta perbulan.

Pendapatan hasil penjualan kelapa sawit tersebut belum dipotong biaya pemupukan, pemeliharaan rutin kebun termasuk biaya angkut.

"Cukup terbeban bagi petani dengan harga kelapa sawit yang hanya mencapai kurang Rp1.000 perkilogram mengingat biaya operasional kebun cukup besar," katanya kepda Antara.

Menurunya harga kelapa yang terjadi beberapa bulan ini juga mengakibatkan sejumlah petani harus mengurangi volume pemupukan bahkan ada pula petani yang mencari pekerjaan lain guna mencukupi kebutuhan keluarga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono,M.Tr (Han)

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Dukung Prajurit Marinir Ikuti Kemajuan Teknologi

- “Kalian harus terus mengisi dan mengembangkan diri dengan ilmu serta mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang”, ucap Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor…

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Bisnis Pontang-panting, Pengusaha Butuh Stimulus Modal Kerja Rp 600 Triliun

"Kami hitung bersama dengan Kadin untuk sektor tekstil, transportasi, dan sektor manufaktur lainnya itu membutuhkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 triliun untuk setahun,"

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:38 WIB

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., dan Waasintel Panglima TNI Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga menerima audiensi…

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:30 WIB

Menghadap OJK, Sejumlah Pengusaha 'Teriak' Pemberian Stimulus Masih Lambat

Otoritas Jas Keuangan memanggil sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia…