Tusina Baraseger Siap Melaju ke Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Juli 2018 - 12:49 WIB

Tusina Baraseger
Tusina Baraseger

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional di Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Melalui inovasi bernama Tusina Baraseger, tekMIRA menjadi satu-satunya perwakilan Kementerian ESDM yang dipilih oleh Tim Penilai Independen ke ajang bergengsi Top 99 Inovasi KIPP.

Inovasi kreatif tepat guna Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) berupa sebuah tungku sederhana dengan teknologi pembakaran bersama batubara dan sumber energi terbarukan sebagai solusi hemat energi bagi Industri Kecil Menengah (IKM).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mendukung keikutsertaan Tusina Baraseger dalam kompetisi inovasi publik ini dan mendorong supaya penggunaan teknologi Tusina Baraseger dapat lebih luas lagi. 

"Kami akan bekerja sama dengan industri-industri dan kegiatan usaha supaya bisa memanfaatkan teknologi Tusina Baraseger sehingga penemuan ini bukan hanya menjadi penemuan ilmiah, tetapi menjadi penemuan yang berguna bagi masyarakat", jelas Menteri ESDM.

Teknologi Tusina Baraseger mampu memberikan efisiensi energi sebesar 56-69%, sehingga sangat potensial digunakan industri kecil menengah. Selain menawarkan hemat biaya energi, tungku ini juga memberikan penghematan pada waktu operasional yang lebih singkat dan kapasitas produksi yang lebih banyak.

"Sebelumnya saya bisa mengeluarkan biaya sebanyak Rp 185.000 untuk membeli gas atau Rp 150.00 kalau menggunakan kayu bakar, itu untuk sehari. Kalau sekarang saya hanya memanfaatkan anggaran sekitar Rp. 30.000, itu untuk membeli batubara sebanyak 10 kg dan serbuk gergaji 3 karung", ungkap Ade, salah satu pemilik IKM budidaya jamur tiram yang sudah beralih menggunakan Tusina Baraseger. Sejak diperkenalkan dengan alat ini, kini Ade dapat menghemat pengeluaran hingga 4-5 kali lipat.

Produk unggulan litbang tersebut mulai masuk ke pasar nasional dan digawangi oleh para peneliti kelompok batubara tekMIRA. Saat ini mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi tahap wawancara dan presentasi untuk bersaing dengan kontestan lainnya untuk mendapatkan tempat bergensi di Top 40 KIPP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:20 WIB

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

BNI Syariah Teken PKS dengan RS Haji Jakarta Terkait Pembiayaan dan Payroll

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:12 WIB

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Genjot Nasabah, BNI Syariah Gandeng Ikatan Alumni ITS

Timezone dan Play ‘N’ Learn Lippo Mall Kemang Siap Menghadirkan Gaya Bermain yang Lebih Aktif dan Sehat untuk Anak-anak Jaksel

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:00 WIB

Timezone dan Play ‘N’ Learn Lippo Mall Kemang Siap Menghadirkan Gaya Bermain yang Lebih Aktif dan Sehat untuk Anak-anak Jaksel

Timezone dan Play ‘N’ Learn Lippo Mall Kemang Siap Menghadirkan Gaya Bermain yang Lebih Aktif dan Sehat untuk Anak-anak Jaksel

Mentan Amran Sulaiman di perkebunan jagung

Sabtu, 25 Mei 2019 - 21:55 WIB

Mentan Amran Optimistis Program Serasi Sejahterakan Petani

Batola - Kementerian Pertanian (Kementan) optimistis program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sesuai harapan. Untuk memastikannya, Menteri…

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta

Sabtu, 25 Mei 2019 - 21:48 WIB

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta

Agung Sedayu Retail Indonesia bersama Winkreative Agency dan Monocle Magazine fokus mengembangkan konsep baru dunia retail di Jakarta