Club Med Gandeng Anak-anak Ajarkan Untuk Lestarikan Lingkungan Hidup

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Juli 2018 - 13:00 WIB

 Club Med Ceylon, Sri Lanka (Foto: blog.clubmed.com.au)
Club Med Ceylon, Sri Lanka (Foto: blog.clubmed.com.au)

INDUSTRY.co.id, JakartaBertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Club Med menyelenggarakan sebuah kampanye untuk untuk memasukkan gentil member (G.M) muda di delapan resort Asia Pasifik. 

Proyek Green Trident berfokus pada pendidikan dini di Children's Clubs, menyoroti pentingnya keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Club Med telah mendapatkan hampir 1.000 komitmen dari duta-duta  belia lingkungan hidup dan menargetkan 7 ribu komitmen hingga akhir tahun dengan mendidik Anak melalui Kegiatan Praktis

Nantinya, GM muda tersebut membuat pembatas buku dari daun yang ditemukan di resor. Lalu, sebagai bagian dari Green Trident Project, G.O (Gentil Organisateurs) mengajari anak-anak yang bergabung dengan Club Mini resort mengenai pentingnya daur ulang dan dampaknya terhadap lingkungan, menekankan pentingnya 3R yakni Reducing (Mengurangi), Reusing (Menggunakan kembali) dan Recycling (Mendaur Ulang). 

Anak-anak berpartisipasi dalam berbagai kegiatan termasuk  membersihkan pantai, berkebun dan menggunakan bahan yang dapat didaur ulang untuk  menciptakan karya seni. Di Club Med Cherating Beach, anak-anak belajar tentang satwa liar setempat melalui tur pendidikan  Suaka Penyu yang terletak di sebelah resor. Club Med Bali melibatkan para G.Ms muda untuk menanam sayuran di taman pedagogis, yang memungkinkan mereka untuk lebih memahami proses pertanian sayuran. 

Sementara itu, anak-anak di Club Med Phuket berpartisipasi dalam perburuan alam untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai flora dan fauna dan menciptakan seni gajah  menggunakan elemen alami yang ditemukan di dalam resor. Ini adalah kesempatan untuk menciptakan diskusi terbuka dengan anak-anak tentang kesejahteraan hewan. 

Anak-Anak Berjanji Untuk Melindungi Lingkungan Setiap anak yang berpartisipasi dalam Green Trident Project mengakhiri masa tinggal mereka di Club  Med  dengan  janji  untuk  membantu  melindungi  lingkungan.  

"Saya  berjanji  untuk  mematikan  keran  ketika saya menyikat gigi". Janji-janji ini ditulis  dengan bentuk daun dan ditempelkan ke dinding oleh  anak-anak untuk membuat triden hijau.   

Hermine,  seorang  G.M  yang  berpartisipasi  dalam  Green  Trident  Project  di  Club  Med  Cherating,  sangat ingin berbagi pengalaman mereka, “Saya berjanji untuk tidak  membuang kantong plastik ke laut. Kalau tidak, kura-kura akan berpikir itu adalah  makanan dan mati karena memakannya.  Saya  juga  bersemangat  untuk memberi  tahu  teman-teman saya  apa  yang  telah  saya  pelajari  di  sini  dan apa yang dapat kami lakukan untuk menyelamatkan lingkungan bersama.” 

Club Med akan terus mendorong anak-anak dari segala usia untuk menyadari bahwa tindakan dan keputusan yang mereka buat setiap hari dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Club Med's Mini Club, untuk anak-anak berusia 4 - 17 tahun, mengajarkan anak-anak tentang lingkungan melalui  permainan di luar batasan sekolah dan mengembangkan kesadaran mereka sejak usia dini.

Vincent  Ong,  Wakil  Presiden  Pemasaran  untuk  East  South  Asia  Pacific  (ESAP)  menekankan,  “Di Club Med, kami bangga dengan  inisiatif kami dan peduli terhadap lingkungan.  Ini  sangat  penting  untuk  melibatkan  anak-anak  dalam  kegiatan  yang  memungkinkan  mereka  berinteraksi  dengan  lingkungan  untuk  membantu  mereka  berhubungan  kembali  dengan alam bebas. Ini  adalah  waktu yang tepat  untuk membantu mereka menyadari praktik-praktik lingkungan saat  mereka masih belia dan memahami bahwa setiap upaya, tidak peduli seberapa kecilnya, bakal berdampak.” 

Upaya Penting Lainnya Club Med  telah mengantongi sertifikasi Green Globe untuk Pariwisata Berkelanjutan bagi sebagian  besar resornya di kawasan Asia Pasifik. Club Med menerapkan dan mengelola rencana aksi untuk pembangunan berkelanjutan termasuk inisiatif seperti pengelolaan limbah yang  efektif, penghematan energi dan perlindungan keanekaragaman hayati.  

Upaya  ini  dilakukan  untuk  membatasi  jumlah pemborosan  makanan  selama  lebih  dari  60  tahun.  Untuk  terus  meningkatkan  pengelolaan  limbah,  perusahaan  berkolaborasi  dengan  Winnow  Solutions,  alat  digital  inovatif  yang  memantau, menganalisa, dan membantu koki untuk mengurangi limbah makanan di dapur di Club Med Phuket  dan Club Med Bali. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Selasa, 30 April 2024 - 17:36 WIB

PGE Catat Laba Bersih Sebesar USD47,49 Juta Pada Tiga Bulan Pertama 2024

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia dengan secara konsisten melanjutkan kinerja keuangan yang positif di kuartal…

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

Selasa, 30 April 2024 - 17:32 WIB

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

PT Jalin Pembayaran Nusantara (”Jalin”), bagian dari Holding BUMN Danareksa dan PT Espay Debit Indonesia Koe (”DANA”) resmi melakukan kerja sama strategis yang mencakup penggunaan teknologi…

JLL Indonesia

Selasa, 30 April 2024 - 17:22 WIB

Investasi Real Estat Komersial di Asia Pasifik Naik 13% Pada Kuartal Pertama 2024

Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan investasi real estat komersial pada kuartal pertama 2024, dengan volume investasi mencapai US$30,5 miliar.…

Solo Menari 2024

Selasa, 30 April 2024 - 16:33 WIB

Solo Menari 2024, Suguhkan Pesta Seni Budaya dan Tari Kolosal yang Indah

Masyarakat Kota Solo terlihat antusias dan semangat menghadiri even Solo Menari di Kota Solo, Jawa Tengah yang digelar di Taman Sriwedari Senin (29/04/2024). Bahkan kemeriahan ajang Solo Menari…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Selasa, 30 April 2024 - 15:47 WIB

Bank Mandiri Catat Realisasi Kredit Kuartal I 2024 Tembus Rp 1.435 Triliun

Bank Mandiri berhasil membuktikan ketahanan dan adaptabilitasnya dalam kondisi pasar yang volatil di tengah ketidakpastian ekonomi dan keuangan global. Hal ini tercermin dari kemampuan Bank…