Deddy Mizwar Cagub Favorit Generasi Milenaial

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Mei 2018 - 06:45 WIB

Deddy Mizwar-Dedi Muyadi (Foto Dok Industry.co.id)
Deddy Mizwar-Dedi Muyadi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut empat Deddy Mizwar, menjadi calon gubernur favorit pilihan generasi milenial dan generasi Z berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan Instrat (Indonesia Strategic Institute) Bandung.

Dewan Pakar Instrat, Sidrotun Naim dalam siaran persnya, Minggu (20/5/2018)  menyebutkan, survei yang dilakukan lembaganya menunjukkan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum hanya akan dipilih oleh 34,5 persen responden generasi milenial.

"Di luar perkiraan banyak orang, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dapat mengimbangi pasangan ini dengan keterpilihan 35,2 persen," kata Naim.

Dua pasangan lain, katanya, pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan dipilih 4,1 persen generasi milenial, dan pasangan Sudrajat-syaikhu dipilih 7,9 persen.

Naim menambahkan, di kalangan generasi Z, pasangan Deddy-Dedi bahkan mendominasi keterpilihan yakni sebesar 48,2 persen sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dipilih oleh 24,7 persen.

SEmentara pasangan Tb Hasanuddin-Anton Hasanah dipilih sebesar 3,5 persen, dan Sudrajat-Syaikhu dipilih oleh 7,6 persen generasi Z.

Naim mengatakan, istilah generasi millenial yang digunakan, mengacu pada mereka yang lahir pada rentang tahun 1980-1994.

Sedangkan generasi Z mengacu pada genarasi saat penetrasi internet sudah eksis, khususnya di Indonesia, maka digunakan dari rentang tahun 1995-2001 (diambil hingga tahun 2001 karena sebagian dari mereka yang lahir tahun 2001 sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Jabar 2018 lantaran sudah berusia 17 tahun).

Dia menambahkan, dari 1800 responden yang disurvei, 41,6 persen-nya termasuk dalam generasi millenial, dan 4,6 persen lainnya termasuk dalam generasi Z.

Naim berkesimpulan, generasi millenial dan generasi Z tidak ekslusif terkonsentrasi pilihannya pada pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Hal ini menunjukkan bahwa generasi millenial dan generasi Z diduga sebarannya masih memiliki variasi latar belakang yang beragam, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat menghambat terjadinya idealitas karakter generasi millenial dan generasi Z sehingga pilihan tidak mengerucut pada calon berusia lebih muda.

"Misalnya faktor desa versus kota yang perbandingannya 78 persen banding 22 persen dengan tingkat penetrasi internet yang masih jauh dari maksimal dan pengguna sosmed bahkan masih jauh dari setengah dari populasi DPT pemilih," kata Naim

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:32 WIB

Semester I 2019, Pendapatan TBIG Rp2,2 Triliun

Jakarta -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk mencatat pendapatan dan EBITDA masing-masing sebesar Rp2.277 miliar dan Rp1.941 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni…

Kegiatan Semen Tonasa, salah satu produk Semen Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:01 WIB

Semen Indonesia Siap Bersaing di Pasar Regional

Jakarta – Di tengah kondisi pasar semen nasional yang kompetitif, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan volume penjualan hinga Juli 2019 untuk pasar semen domesik diluar Solusi…