Keramik Bermotif Batik, Suguhkan Suasana Cantik di Meja Makan

Oleh : Anisa Triyuli | Kamis, 17 Mei 2018 - 16:00 WIB

Keramik motif batik mega mendung, Jawa Barat dalam pameran batik Cerah Ceria di Kementerian Perindustrian. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Keramik motif batik mega mendung, Jawa Barat dalam pameran batik Cerah Ceria di Kementerian Perindustrian. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Biasanya media batik adalah kain namun berbeda dengan yang satu ini, PT. Golden Manyaran menampilkan perlengkapan makan dan minum berbahan keramik seperti piring, gelas, teko dan lainnya pada pameran batik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (15-18/5) di Jakarta. Perusahaan ini menawarkan bermacam-macam perlengkapan makan dan minum berbahan keramik yang bermotifkan  batik khas Indoesia.

Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia dikenalkan oleh PT. Golden Manyaran dengan inovasi desain batik Indonesia di perlengkapan makan dan minum.

“Kami jadi dulunya kita lebih ke motif bunga dan motif lain seperti garis untuk perlengkapan makan dan minum , tapi kami berinovasi untuk mengeluarkan motif batik khas Indonesia” ujar Nur Wati Marketing PT. Golden Manyaran, pada pameran batik (16/5) di Jakarta.

Nur Wati menambahkan, banyak motif yang ditawarkan pada perlengkapan makan dan minum ini, seperti batik Jawa, seperti Yogyakarta, Cirebon, Solo dan lainnya.

Motif perlengkapan makan dan minum yang paling diminati saat ini yakni motif batik mega mendung dari Jawa Barat, batik klasik, batik kontemporer, serta batik parang.

Proses pembuatan untuk perlengkapan ini pun dilakukan dengan cetak desain dikertas khusus.

“Jadi untuk proses pembuatannya ini kita transfer paper, kita bikin cetak khusus setelah jadi kita temple di medianya lalu kita bakar, untuk proses pembakarannya di suhu 300-500 derajat” katanya.

Harga dari perlengkapan batik ini berkisar 125 ribu sampai 150 ribu per satuan.

“Harga untuk perlengkapan makan dan minum ini berkisar  125 ribu hingga 150 ribu untuk satuan, sedangkan satu set harga bisa berkisar 1 juta” imbuhnya.

Inovasi yang dilakukan dengan menggunakan media lain selain kain merupakan inovasi untuk lebih menciptakan kecintaan terhadap warisan budaya seperti batik yang beragam dari setiap daerah di Indonesia.   Selain itu, inovasi ini juga menyuguhkan suasana cantik di meja makan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr Lukmanul Hakim

Sabtu, 04 April 2020 - 00:02 WIB

IHSG Ditutup naik 0,02 persen, Anak Buah Wapres: Kepercayaan Pasar Mulai Tumbuh Kembali Karena Kebijakan Penanganan Covid-19

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi & Keuangan, Dr. Lukmanul Hakim mengatakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang sedang fokus diatasi pemerintah, kabar baik muncul dari…

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).