BPS: Produksi Industri Manufaktur Besar-Sedang Sulut Turun

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 05 Mei 2018 - 20:06 WIB

Pabrik Mesin Cuci Sanken (bj)
Pabrik Mesin Cuci Sanken (bj)

INDUSTRY.co.id - Manado- Produksi sektor industri manufaktur berskala besar dan sedang Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Triwulan I tahun 2018 mengalami penurunan sebesar -0,45 persen jika dibandingkan dengan produksi triwulan IV tahun 2017 (q-to-q).

"Penurunan produksi industri manufaktur besar dan sedang di Sulut pada Triwulan I tahun 2018 dapat dilihat dari turunnya produk industri makanan sebesar -1,14 persen, meskipun industri minuman mengalami kenaikan sebesar 3,48 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud di Manado, Jumat (4/5/2018)

Dia mengatakan produksi industri besar dan sedang nasional pada Triwulan I tahun 2018 (q-to-q) mengalami kenaikan pertumbuhan yakni sebesar 0,88 persen dibandingkan dengan triwulan IV tahun 2017.

Perbandingan nilai produksi triwulan I tahun 2018 terhadap triwulan yang sama tahun sebelumnya (y-on-y), menunjukkan bahwa produksi Industri manufaktur besar dan sedang di Sulut pada Triwulan I tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 3,56 persen.

"Pertumbuhan ini dapat dilihat dari naiknya produksi industri makanan sebesar 2,59 persen dan industri minuman sebesar 9,69 persen," jelasnya.

Dibandingkan dengan pertumbuhan industri Besar dan Sedang Nasional, maka secara y-on-y, pertumbuhan Industri Besar dan Sedang Sulut berada di bawah pertumbuhan Industri Besar dan Sedang Nasional.

Perkembangan produksi Industri Besar dan Sedang Nasional Triwulan I tahun 2018 mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 5,01 persen dibanding produksi Triwulan IV tahun 2017.

Dia menjelaskan industri manufaktur merupakan kegiatan ekonomi yang dalam kegiatannya mengubah suatu barang dasar secara mekanis, kimia atau dengan tangan sehingga menjadi barang jadi atau setengah jadi dan atau barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya, dan sifatnya lebih dekat kepada pemakai akhir. Termasuk dalam kegiatan ini adalah kegiatan jasa industri dan pekerjaan perakitan (assembling).

Sektor industri manufaktur sebagai salah satu sektor penting dalam pembangunan ekonomi nasional, terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, peran sektor industri dalam PDRB Sulut tahun 2016 adalah 8,99 persen dengan pertumbuhan 1,11 persen.

Selain memiliki kontribusi terhadap PDB yang signifikan, katanya, industri manufaktur juga berperan penting dalam penciptaan lapangan kerja.

Industri manufaktur Besar dan Sedang di Sulawesi Utara berdasarkan direktori tahun 2017 adalah sebanyak 135 perusahaan yang tersebar di Kota Bitung, Kota Manado, Kabupateninahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Kotamobagu, dan Kota Tomohon.

Sebagian besar perusahaan Industri Manufaktur Besar dan Sedang yang ada di Sulutadalah Industri Makanan dan menjadi komoditi ekspor andalan.

"Kota Bitung merupakan pusat industri manufaktur yang terbesar di provinsi Sulut," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…