PGN Salurkan Gas ke Industri Berorientasi Ekspor, Serba Gurih Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 09:25 WIB

PT Serba Gurih Indonesia (ist)
PT Serba Gurih Indonesia (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menyalurkan gas bumi ke pabrik permen berorientasi ekspor PT Serba Gurih Indonesia (SGI) di Kota Pasuruan, Jawa Timur.

"Penyaluran gas bumi PGN ini sebagai dukungan untuk industri Tanah Air semakin kompetitif di pasar dunia. SGI memproduksi permen jahe yang diekspor ke sejumlah negara di Amerika, Eropa, dan Australia," kata Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, pada awalnya, SGI tidak lolos untuk disetujui menjadi pelanggan PGN karena berdasarkan hitungan investasi jaringannya tidak sesuai dengan minimal volume pemakaian. Namun, SGI tetap ingin menjadi pelanggan PGN.

Pabrik permen jahe itu bersedia merogoh kocek hingga Rp575 juta untuk membangun sendiri jaringan agar terhubung dengan jaringan distribusi gas bumi PGN. "SGI sepakat mengeluarkan investasi jaringan dengan skema swadana untuk bisa berlangganan gas," ujar Rachmat.

Akhirnya, kata Rachmat, PGN menyalurkan gas bumi secara perdana ke SGI mulai awal April 2018 dengan tahap pertama 20.000 meter kubik per bulan.

"Dengan animo industri dan model kerja sama yang disepakati seperti ini, kami selaku perusahaan distributor gas bumi semakin merasa tertantang untuk bisa menyalurkan gas bumi dengan lebih andal dan terjamin bagi pelanggan," kata Rachmat.

Saat ini, PGN membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia, tanpa membebani APBN.

Dari infrastruktur tersebut, PGN mengalirkan gas ke 1.730 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.964 pelanggan komersial seperti hotel, restoran, dan rumah makan, serta usaha kecil, dan 199.403 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN tersebut tersebar di 19 kota di 12 provinsi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…