Jokowi Coret 14 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 246 T, Ada Apa?

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 18 April 2018 - 13:00 WIB

Presiden Jokowi Rapat Terbatas Bahas Infrastruktur Papua (Foto Setkab)
Presiden Jokowi Rapat Terbatas Bahas Infrastruktur Papua (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastuktur Prioritas (KPPIP) memastikan sebanyak 14 proyek keluar dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) karena tidak bisa memulai konstruksi sebelum triwulan III 2019.

Keterangan pers tertulis KPPIP yang diterima di Jakarta, Selasa (17/4), menyatakan sebanyak 14 proyek senilai Rp264 triliun telah kehilangan status sebagai PSN karena tidak lagi memenuhi kriteria batas waktu konstruksi yang telah ditetapkan oleh KPPIP.

Pemenuhan kriteria ini menjadi syarat yang penting karena dapat memberikan kepastian atas waktu pelaksanaan pembangunan PSN. Dengan masuk sebuah proyek ke tahap konstruksi maka akan mengurangi risiko yang muncul akibat perubahan kebijakan serta menunjukkan tingkat kepastian bahwa proyek tersebut akan terus berlanjut hingga siap beroperasi.

Proyek-proyek yang kehilangan status sebagai PSN, antara lain Jalan Tol Waru (Aloha)-Wonokromo-Tanjung Perak di Jawa Timur (18,2 km), Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang di Jawa Barat (61 km), dan Kereta Api Kertapati-Simpang-Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan (bagian dari Jaringan Kereta Api Trans Sumatera).

Kemudian, Kereta Api Muaraenim-Pulau Baai di Sumatera Selatan-Bengkulu, Kereta Api Tanjungenim-Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan, Kereta Api Jambi-Pekanbaru di Jambi-Riau, dan Kereta Api Jambi-Palembang di Jambi-Sumatera Selatan.

Selain itu, Pembangunan Rel Kereta Api Provinsi Kalimantan Timur, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Koridor Timur-Barat, Bandara Sebatik di Kalimantan Utara, dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang (Medan, Binjai, Deliserdang) di Sumatera Utara.

Terakhir, Bendungan Telaga Waja di Bali, Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara, dan Kawasan Ekonomi Khusus Merauke di Papua.

Tidak hanya 14 proyek yang dikeluarkan dari PSN, namun juga terdapat 10 proyek senilai Rp61,5 triliun yang juga dikeluarkan dengan alasan masa pembangunan proyek tersebut sudah selesai dan telah beroperasi sepenuhnya pada akhir 2017.

Dengan demikian, dari awalnya terdapat 245 proyek yang masuk PSN plus dua program, setelah dilakukan evaluasi, daftar PSN menjadi 222 proyek dan tiga program dengan nilai investasi kurang lebih mencapai total Rp4.100 triliun.

Terdapat satu proyek dan satu program tambahan yang masuk dalam PSN ini, yaitu proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia dan Program Pemerataan Ekonomi.

Berdasarkan hasil evaluasi ini, diharapkan terdapat kepastian waktu pelaksanaan konstruksi proyek infrastruktur agar dapat dieksekusi dengan cepat, sehingga masyarakat segera menerima manfaat dari pembangunan yang sedang gencar dilaksanakan.

Proses evaluasi untuk memasukkan maupun menghilangkan status PSN dalam proyek infrastruktur ini telah dilakukan menggunakan empat kriteria utama, yaitu kriteria dasar, kriteria strategis, kriteria operasional, dan kriteria dukungan yang jelas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…