GAPKI:Kemarau Ganggu Produksi Sektor Sawit Sumatera Utara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Maret 2018 - 16:30 WIB

Perkebunan Sawit
Perkebunan Sawit

INDUSTRY.co.id - Medan- Anomali cuaca khususnya kemarau yang melanda Sumatera Utara mengganggu hasil produksi sektor sawit di daerah itu walau dengan jumlah tidak terlalu besar.

Kemarau memang memicu penurunan produksi tandan buah sawit)di wilayah Sumut, tetapi belum terlalu besar, ujar Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut Setia Dharma Sebayang di Medan, Rabu (28/2/2018)

Meski penurunan belum terlalu besar atau di bawah lima persen, namun mengkhawatirkan perkebunan.

"Mudah-mudahan kemarau tidak berkepanjangan karena curah hujan sudah mulai ada di akhir Februari," ujarnya.

Dengan adanya hujan, diharapkan tidak terjadi penurunan produksi yang besar seperti di 2015 dan 2016 yang mencapai di kisaran 5-10 persen akibat kala itu terjadi kemarau dan titik panas akibat kebakaran lahan/hutan.

Anomali cuaca di Sumut memang biasnaya tidak berdampak besar pada seluruh sentra produksi sawit di Sumut, karena tipikal daerahnya masing-masing berbeda-beda," katanya.

Dia mengakui akibat produksi kurang bagus, harga jual sawit bertahan bagus, Dengan bagusnya TBS harga crude palm oil atau CPO juga cukup tinggi atau di kisaran Rp7.900 hingga Rp8ribuan per kg.

"Mudah-mudahan harga CPO terus bertahan bagus hingga mendekati masa panen puncak di kisran September." Katanya kepada awak.

Setia mengakui harga CPO dipengaruhi banyak faktor mulai dari produksi, permintaan hingga harga minyak mentah

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Jokowi Kembali Kesal kepada Menterinya: Disuruh WFH Kok Malah Kaya Cuti

"Jangan sampai tiga bulan yang lalu kita menyampaikan bekerja dari rumah, work from home (WFH), yang saya lihat ini kayak cuti malahan. Padahal pada kondisi krisis, kita harusnya kerja lebih…

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:01 WIB

Makin 'Pede' Mandiri Syariah Raih Sertifikat ISO 9001: 2015

T Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk layanan dan transaksi operasional perbankan meliputi sistem pembayaran BI-RTGS, SKNBI,…

Jalan Tol Trans Sumatera

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:00 WIB

Hingga Juli 2020JTTS Telah Beroperasi 393 Km

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun jalan tol Trans Sumatra sepanjang 393 kilometer (km) dari total 2.887 km yang ditargetkan selesai tahun…