Semen Tonasa Menargetkan Memproduksi Tujuh Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 Januari 2018 - 18:51 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Makassar- Perseroan Terbatas Semen Tonasa pada tahun 2018 menargetkan produksi tujuh juta ton semen untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

"Untuk tahun ini, kita targetkan jumlah produksi mencapai tujuh juta ton. Memang kita lihat saat ini bisnis semen telah mengalami turbulensi," kata Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan AK di Makassar,  kemarin.

Ia menjelaskan, kondisi industri semen nasional pada tahun 2017 yakni tingginya biaya produksi yang justru tidak berbanding dengan jumlah permintaan dari pasar memang patut menjadi perhatian dari PT Semen Tonasa terhadap jumlah produksinya tahun ini.

Menurut dia, jika melihat kenyataan bahwa kapasistas nasional itu sebanyak 107 juta ton.Namun kebutuhan pasar tidak begitu besar sehingga terjadi over suplai yang hingga mencapai sekitar 40 juta ton.

Kondisi itu, menurut dia, merupakan berdampak dari terjadinya kompetisi yag begitu ketat di pasar industri semen. Bahkan produsen semen juga tidak ada pilihan untuk menurunkan harga jual dipasaran.

"Kita lihat di 2017 itu, penurunan harga cukup lumayan. Sementara disisi yang lain seperti segi properti juga masih lemah," jelasnya.

Pihaknya juga berharap kondisi yang terjadi di 2017 bisa berubah lebih baik sehingga Semen Tonasa bisa memproduksi semen dengan jumlah yang lebih besar kedepan.

Apalagi dengan adanya program pemerintah terkait pembangunaninfrastruktur yang lebih merata termasuk di Kawasan Timur Indonesia.

"Kondisi ini juga dikarenakan situasi penyaluran semen yang lebih banyak terserap di Jawa dan Sumatera yang tengah membangun infrastruktur seperti jalan tol," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…