Kenalkan Cara Budidaya dan Olahan Kurma, Bogor Gelar Festival Kurma

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 09 Januari 2018 - 16:00 WIB

Buah Kurma (IST)
Buah Kurma (IST)

INDUSTRY.co.id, Bogor - Guna untuk mengenalkan cara budidaya dan mengolah buah kurma kepada masyarakat Indonesia, Kota Bogor, Jawa Barat akan menggelar Festival Kurma yang digelar untuk pertama kalinya.

Festival Kurma berlangsung di Botani Square mulai dari tanggal 8 sampai 14 Januari 2018 mendatang, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Annas S Rasmana, Senin, (8/1/2018)

"Diharapkan masyarakat dapat mengenal dan terdorong untuk menanam kurma melalui kegiatan festival kurma ini," kata Annas.

Festival kurma diselenggarakan oleh PT Kampoeng Kurma salah satu tujuannya memasyarakatkan budi daya tanaman kurma kepada masyarakat Bogor.

Manajer operasional PT Kampoeng Kurma, Suwardi Tanu mengatakan kurma merupakan tumbuhan asal Timur Tengah, juga bisa ditanam di Indonesia.

"Kebanyakan pohon kurma yang ditanam warga Indonesia tidak berbuah karena pengetahuan tentang penanaman kurma yang masih kurang," kata Suwardi.

Menurutnya minimnya pengetahuan tersebut menjadi justifikasi umum bahwa pohon kurma tidak bisa berbuah di Indonesia.

"Jika kita memiliki pengetahuan tata cara menanam dan merawat pohon kurma, maka dalam waktu tertentu dapat memanen buahnya," kata Suwardi.

Melalui festival kurma, Suwardi ingin menyosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai potensi buah kurma dengan segala macam kandungannya yang menjadi produk pangan menyehatkan melalui investasi berupa kenun kurma yang dibagi beberapa kavling.

Ia mengatakan Thailand sudah bergerak mengembangkan budidaya kurma sejak 18 tahun lalu dan kini beralih dari perkenunan tebu ke perkebunan kurma dengan luasan yang cukup luas.

"Padahal Thailand bukan negara mayoritas muslim," katanya.

PT Kampoeng Kurma telah mencoba menanam kurma di wilayah Bogor yang tersebar di tiga lokasi yakni Tanjungsari, Jonggol dan Jasinga. Satu pohon kurma setelah ditanam selama periode tiga hingga lima tahun diharapkan dapat dipanen dengan potensi hasil antara 150 sampai 300 kilogram.

"Potensi kurma yang ada di Indonesia lumayan besar dan hal ini terus dikampanyekan kepada masyarakat," katanya.

Suwardi menambahkan kurma merupakan tanaman tahunan yang sangat senderhana, tetapi tanaman kurma membutuhkan air yang lebih banyak di dua tahun pertama penanaman. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Senin, 20 Mei 2019 - 15:21 WIB

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.

Arc by Crown Group

Senin, 20 Mei 2019 - 14:00 WIB

Crown Group Hadirkan Griya Tawang Berkonsep Manhattan Senilai Rp70 M di Sydney

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group kembali meluncurkan griya tawang megah bergaya Manhattan di proyek hunian vertikal terbarunya, Arc by Vrown Group di jantung kota Sydney.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT Central Data Technology (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 12:30 WIB

CDT Tawarkan Solusi Business Intelligence Bebas Klik Semudah Menggeser Kursor Komputer

Business Intelligence (BI) dan analitik menjadi salah satu teknologi penentu keberhasilan bisnis di era digital, namun kompleksitas penggunaan dan kecepatan solusi BI dalam menghasilkan insight…