Klien Tingkatkan Produksi, Samindo Resources akan Tambah Alat Berat Pertambangan

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 12 Desember 2017 - 14:36 WIB

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)
Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga batu bara pada 2018 diperkirakan bakal stabil menyusul stabilitas harga komoditas tersebut pada 2017. Itu mendorong klien PT Samindo Resources Tbk (MYOH), kontraktor pertambangan batu bara, untuk meningkatkan produksi.

Kondisi itu berdampak positif bagi MYOH pada tahun depan, Karena itu, manajemen MYOH berencana membeli alat-alat berat serta perlengkapan untuk mengupas batuan penutup (overburden removal) dan kegiatan produksi penambangan batu bara.

Kedua kegiatan tersebut terutama dilakukan di tambang Kideco pasca pembaharuan kontrak jasa penambangan di kawasan tambang tersebut.

“Untuk pembelian alat-alat dan perlengkapan tersebut, kami mengalokasikan belanja barang modal (capital expenditure/capex) sekitar US$13,8 juta untuk tahun depan,” ujar Ahmad Zaki, Investor Relations MYOH, di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Ahmad mengemukakan, jika dibandingkan dengan capex MYOH pada 2017 sebesar US$3,12 juta, maka besarnya capex perseroan yang dianggarkan untuk tahun depan tersebut meningkat lebih dari tiga kali lipat.

“Lonjakan capex yang dialokasikan tersebut adalah salah satu langkah kami untuk mengantisipasi kenaikan target yang dibebankan oleh klien perseroan pada 2018 mendatang,” tutur Ahmad.

Ahmad menyebutkan, alat-alat berat yang akan dibeli perseroan adalah dump truck, excavator, crane dan berbagai jenis pompa. Perseroan saat ini telah memesan alat-alat berat tersebut sehingga diharapkan dapat dioperasikan pada triwulan pertama 2018.

“Sebagian besar dari capex 2018 perseroan berasal dari kas internal perseroan. Pasalnya, perseroan saat ini memiliki kas internal yang nilainya cukup memadai untuk membiayai belanja modal tersebut,” pungkas Ahmad. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Adhi Commuter properti (ACP) melakukan gebrakan terbaru yaitu dengan melakukan akuisisi terhadap PT Mega Graha Cipta perkasa (MGCP) yang merupakan anak usaha PT Cowell Development.

Selasa, 17 September 2019 - 05:19 WIB

PT Adhi Commuter Properti (ACP) Akuisisi Perusahaan untuk Gerak Cepat Kembangkan Kawasan TOD di Stasiun Bogor

Jakarta-PT Adhi Commuter properti (ACP) melakukan gebrakan terbaru yaitu dengan melakukan akuisisi terhadap PT Mega Graha Cipta perkasa (MGCP) yang merupakan anak usaha PT Cowell Development.…

Para penyelenggara pameran International Electronic & Smart Appliances Expo 2019 Hadirkan Produk Elektronik Terunik dan Terinovasi

Selasa, 17 September 2019 - 05:03 WIB

Sebanyak 31 Ribu Produk Elektronik dari Cina Akan Hadir di JIExpo Kemayoran

Jakarta-Chaoyu Expo kembali akan menyelenggarakan pameran B2B (business to business) Indonesia International Electronics & Smart Appliance Expo 2019 (IEAE) di JIExpo Kemayoran pada tanggal 25…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Selasa, 17 September 2019 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Pimpinan KPK Bijak Dalam Bernegara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) adalah lembaga negara, institusi negara. Untuk itu, Presiden mengingatkan pimpinan KPK untuk bijak dalam bernegara.…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Selasa, 17 September 2019 - 04:12 WIB

Enam Pernyataan Sikap MPD Agar Presiden Jokowi Buka Dialog dengan KPK

Menyikapi perkembangan polemik terhadap revisi UU KPK yang semakin meruncing dan berpotensi mengganggu upaya pemerintah dalam memperbaiki perekonomian yg saat ini sedang mengalami goncangan…

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara

Selasa, 17 September 2019 - 03:00 WIB

Garuda Indonesia-KPK Gelar Forum Profesional Berintegritas

Maskapai Nasional Garuda Indonesia bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan forum Profesional Berintegritas (PROFIT) dan Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi yang…