Telkom Hadirkan Panggung ESG untuk UMKM Berkelanjutan di Kalimantan Utara melalui GoZero% Goes to Borneo
Oleh : Wiyanto | Rabu, 21 Mei 2025 - 08:50 WIB

VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri saat mengunjungi booth UMKM lokal unggulan binaan Rumah BUMN Telkom saat roadshow GoZero% Goes to Borneo
INDUSTRY.co.id-Tarakan – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui inisiatif keberlanjutan GoZero% kembali melanjutkan roadshow nasionalnya, kali ini bertempat di Tarakan, Kalimantan Utara yang berlangsung pada 14-15 Mei 2025. Dalam kegiatan bertajuk GoZero% Goes to Borneo, Telkom menegaskan perannya dalam menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan dengan memberikan panggung bagi UMKM binaan yang mengusung nilai-nilai Environmental, Social, and Governance (ESG) secara nyata.
Acara yang berlangsung selama dua hari ini, turut melibatkan UMKM lokal unggulan binaan Rumah BUMN Telkom. Rumah BUMN Telkom Kalimantan Utara telah menjadi katalisator bagi pertumbuhan UMKM lokal. Pendampingan yang diberikan bersifat menyeluruh, mulai dari pelatihan pemasaran digital, peningkatan kualitas produk, pengurusan legalitas usaha, hingga fasilitasi ekspor dan pembiayaan.
EVP Telkom Regional IV Rachmad Dwi Hartanto mengatakan, “Rumah BUMN di Kalimantan Utara menunjukkan perannya sebagai wadah strategis bagi UMKM lokal untuk naik kelas. Rumah BUMN tidak hanya memberikan pendampingan teknis, tetapi juga membangun kepercayaan diri bagi para pelaku UMKM untuk bersaing di level nasional maupun internasional.”
Selaras, VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri menambahkan, “Melalui GoZero%, kami ingin menunjukkan bahwa prinsip keberlanjutan tidak hanya relevan untuk industri besar, tetapi juga bisa diterapkan oleh UMKM. Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu fokus utama Telkom dalam menjalankan program ESG, khususnya pada aspek sosial, karena kami percaya UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan dampak positif yang inklusif dan berkelanjutan di masyarakat.”
Terdapat lima UMKM unggulan yang menjadi representasi wajah baru ekonomi daerah yang mengedepankan keberlanjutan, inklusi, dan daya saing global. Ba Lamok, produsen camilan laut Ikan Tipis Pepija tanpa bahan pengawet, kini sukses menembus pasar ekspor ke Malaysia. Dengan pendampingan Rumah BUMN, mereka membentuk PT Perorangan dan mengadopsi praktik perikanan berkelanjutan bersama nelayan lokal. Sementara itu, The Sambals menghadirkan cita rasa khas Tarakan melalui sambal seafood yang kini diminati secara nasional. Rumah BUMN mendukung perjalanan mereka dari aspek legalitas, pengemasan, hingga strategi branding, sekaligus mendorong model produksi berbasis komunitas.
Di bidang fesyen, Sgol Pakis menonjol lewat produk ecoprint dengan teknik pewarnaan alami dari dedaunan lokal. Identitas merek dan legalitas mereka diperkuat melalui pembinaan Rumah BUMN, hingga berhasil tampil di panggung nasional seperti APEKSI. Lalu ada Marco Handmade, yang mengusung konsep upcycle fashion berbahan limbah tekstil. Dengan fasilitasi permodalan dan strategi ekspansi global dari Rumah BUMN, produk mereka kini telah diekspor ke Amerika Serikat. Terakhir, D’Erte menunjukkan komitmen terhadap inklusi sosial melalui produksi batik alami berbahan kayu merah, sekaligus memberdayakan penyandang disabilitas. Sebagai binaan awal Rumah BUMN, D’Erte kini dikenal sebagai pionir batik hijau dari Kalimantan Utara.
Program ESG Telkom melalui GoZero% Goes to Borneo, membuktikan bahwa UMKM bukan hanya tulang punggung ekonomi lokal, tetapi juga aktor utama dalam mendorong keberlanjutan. Lewat pendekatan yang tepat dan kolaboratif, Telkom melalui Rumah BUMN berhasil mencetak UMKM yang berdaya saing global tanpa meninggalkan akar lokal dan komitmen terhadap lingkungan.
Baca Juga
Telkom Gelar Indonesia Digital Learning - Cirebon 2025, Dukung Cakap…
Pasok Kebutuhan 29.990 Ton Semen untuk Pembangunan Tol Bocimi, SIG…
Emiten PT Lovina Beach Brewery, Tbk (STRK) Gandeng Investor Strategis,…
Telkom Hadirkan Digi Koperasi, Dukung Digitalisasi Ribuan Koperasi…
Perkuat Tatakelola Supervisi Proyek, Telkom Akses Luncurkan Aplikasi…
Industri Hari Ini

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:56 WIB
Mothercare Gandeng Ilustrator Martcellia Liunic Hadirkan Koleksi Eksklusif Penuh Imajinasi untuk Anak
Kolaborasi eksklusif Mothercare x Martcellia Liunic hadirkan koleksi busana anak penuh warna dan karakter imajinatif. Dukung kreativitas dan ekspresi anak sejak dini!

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:31 WIB
Pameran Teenieping Resmi Dibuka di Hyundai Motorstudio Senayan Park, Suguhkan Pengalaman Seru dan Interaktif untuk Keluarga
Pameran Teenieping di Hyundai Motorstudio Senayan Park resmi dibuka 26 Juli 2025, hadirkan aktivitas seru, media art, dan mobil IONIQ 5 bertema Teenieping untuk keluarga.

Minggu, 27 Juli 2025 - 19:57 WIB
GIIAS 2025 Tawarkan Pengalaman Berkendara Lengkap: Lebih dari 150 Kendaraan Tersedia untuk Test Drive
Tahun ini, GIIAS menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih lengkap dengan menghadirkan program test drive lebih dari 150 unit kendaraan dari berbagai merek ternama, termasuk kendaraan listrik,…

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:50 WIB
Gelar Door of Future Experience, Morinaga Ajak Ayah Bunda Eksplorasi Potensi Profesi Mada Depan si Kecil
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2025, Kalbe Nutritionals melalui Morinaga menghadirkan program “Door of Future” Experience di Car Free Day (CFD) Jakarta.

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:29 WIB
Wamen Irene Hadiri Festival Jamu: Dorong Jamu Jadi Identitas Budaya dan Produk Global
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf) Irene Umar menghadiri Festival Jamu yang digelar di Epiwalk, Jakarta Selatan, pada Sabtu (26/7). Kehadirannya menjadi wujud nyata dukungan pemerintah…
Komentar Berita