Terkait Operasi OTT, Jaksa Agung Ingatkan Jaksa Untuk Mawas Diri

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juli 2017 - 04:05 WIB

Jaksa Agung, HM Prasetyo
Jaksa Agung, HM Prasetyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Jaksa Agung HM Prasetyo mengingatkan fenomena beberapa tahun terakhir ini adanya jaksa ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT), harus menjadikan bahan renungan bagi jaksa untuk lebih mawas diri dalam menjalankan amanah sebagai penegak hukum.

"Dengan menghindari segala perbuatan tercela yang dapat mencoreng citra dan nama baik korps Adhyaksa kita," katanya dalam sambutan pelantikan pejabat eselon II di lingkungan kejaksaan, di Jakarta, Jumat (14/6/2017)

Ditegaskan, jujur harus diakui bahwa dalam beberapa saat dan tahun-tahun terakhir ini lembaga kejaksaaan sempat kembali mendapat soroton tajam dan kritis dari masyarakat dengan tertangkapnya beberapa jaksa dalam OTT karena telah melakukan penyimpangan, menyalahgunakan kewenangan serta tidak profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Dirinya tiada henti dan tidak pernah lelah berulang kali menyatakan kejaksaan harus menjadi institusi penegak hukum yang di dalam melakukan berbagai upaya langkah dan pembaruan harus mampu menempatkan kembali hukum sebagai panglima di negeri ini, secara bersamaan dibarengi upaya kejaksaan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada tugas penegakan hukum yang menjadi tugas dan kewenangan korps ini.

Penegakan hukum yang dilaksanakan dengan penuh kejujuran, ketulusan, kebersihan hati dilandasi profesionalitas dan disiplin diri yang tinggi. Penegakan hukum yang juga harus dijauhkan dari adanya latar belakang kepentingan, baik kepentingan pribadi, kelompok, golongan ataupun politik tertentu.

"Yang untuk itu semua, sekali lagi kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai moral, keberanian dan tekad yang kuat, serta membuktikannya melalui aksi yang nyata dan konkret mendukung dilakukannya upaya perbaikan yang itu harus berawal dimulai dari diri sendiri setiap insan Adhyaksa dan aparatur Kejaksaan agar benar-benar bersih dari noda sehingga pelaksanaan tugas dan wewenang, khususnya dalam penegakan hukum yang dilakukan akan terhindar berbagai bentuk penyimpangan, penyelewengan, Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, "katanya.

Karena itu, Jaksa Agung berharap kepada segenap warga Adhyaksa khususnya para pejabat Kejaksaan dalam posisi apa pun dan sedang menjalani penugasan dimana pun, agar selalu menjaga diri, sikap, perilaku, pemikiran dan perbuatan agar dengan demikian dapat memerankan fungsi pengawasan melekatnya dengan baik di lingkungan kerja masing-masing.

Karena kemampuan memposisikan dirinya sebagai panutan dan dapat memberikan suri tauladan kepada anggota dan bawahan yang dipimpinnya. Senantiasa menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan serta memegang teguh sumpah dan janji yang terkandung dalam doktrin  Tri Krama Adhyaksa  dalam setiap pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Maupun dalam kehidupan keluarga dan di tengah masyarakat juga menjadi sebuah keniscayaan, sehingga kejadian tidak terpuji dan tidak baik yang cenderung dapat mencederai citra korps dapat dihindari untuk tidak terulang kembali, katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…