Arimbi, Kapal Pengangkut LPG Nusantara

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Januari 2022 - 06:00 WIB

Kapal Arimbi Pertamina
Kapal Arimbi Pertamina

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Kelancaran pasokan BBM dan LPG selama masa libur natal dan tahun baru (nataru), tak lepas dari keandalan armada - armada unggul yang selalu siaga mengarungi lautan nusantara untuk mengantarkan energi hingga ke pelosok Indonesia.

Salah satu armada yang memiliki peran kunci dalam transportasi dan rantai pasok energi di Indonesia adalah Kapal Arimbi, kapal tanker pengangkut LPG milik PT Pertamina International Shipping (PIS).

Kapal dibangun pada 2011 dan kini telah menginjak usia 11 tahun, memiliki panjang 103 meter dan berat total sebesar 3.472 Metrik Ton (MT) dengan kapasitas muatan kargo LPG sebanyak 2.500 MT. Selama satu dekade lebih, Arimbi telah berlayar mengarungi laut nusantara untuk mengantarkan LPG dari kilang-kilang menuju terminal penyimpanan.

Direktur Operasional Pertamina International Shipping Arief Kurnia Risdianto melakukan Management Walkthrough (MWT) ke kapal Arimbi yang tengah berada di Terminal LPG Tanjung Sekong, Banten, pada Kamis (30/12).

Dalam kunjungannya, Arief menjumpai 22 kru yang berada di atas kapal dan mengapresiasi mereka yang bertugas dengan menekankan untuk selalu mengutamakan faktor Health, Safety, and Environment (HSSE) atau faktor keamanan, kesehatan dan keselamatan (K3).

 

“Sangat penting untuk memegang teguh dan kepatuhan aspek HSSE Golden Rule, meliputi juga Patuh Intervensi Peduli (PIP) sehingga para perwira PIS diharapkan mampu mengetahu tentang risiko dan bahaya fraud,” ujar Arif.

Ia juga menekankan, para kru atau perwira pelaut PIS merupakan garda terdepan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Sehingga para perwira diharapkan bisa terus meningkatkan keahlian mereka secara berkesinambungan.

Kapal Arimbi saat ini dinakhodai oleh Kapten Marthin Febrilyan Samarta, yang telah mengabdi sejak 2013.  Menjadi nakhoda salah satu armada kunci dalam rantai pasok energi nusantara, merupakan pengalaman yang sangat berkesan bagi Marthin. Ia berharap, kinerjanya dan para armada untuk memenuhi kebutuhan energi bisa turut memajukan perusahaan dan menjadi pemain unggul dalam persaingan global.

Tentang PT Pertamina International Shipping (PIS)

Sebagai Subholding Integrated Marine Logistics, PT Pertamina International Shipping (PIS) terus mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan operasi yang aman dan berkelanjutan, menjadi mitra maritim terpercaya dan handal, serta menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan dalam menjalankan bisnisnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…