Centro, Produk PT Industri Keramik Kemenangan Jaya Jawaranya Keramik Outdoor

Oleh : Dhiyan W Wibowo | Minggu, 21 Mei 2017 - 14:13 WIB

Ilustasi keramik outdoor Centro - foto - Dok Centro
Ilustasi keramik outdoor Centro - foto - Dok Centro

INDUSTRY.co.id - Grup Kemenangan dengan Produk Centro unggul karena Inovatif dan Kreatif. Kini menjadi satu-satunya pemain di industri keramik yang unggul dalam out door. Perusahaan yang dalam bisnisnya bergerak dari hilir baru ke hulu ini di setiap generasi produknya mendapat sambutan luar biasa dari pasar domestik dan ekspor

Andai saja PT Industri Keramik Kemenangan Jaya tidak melakukan transformasi bisnisnya, belum tentu tumbuh sehebat sekarang. Terobosannya yang bergerak berawal dari hilir kemudian membangun hulu adalah keputusan langkah dalam dunia bisnis.

Tapi toh, langkahnya itu berjalan mulus dan tepat. Bahkan kendati mengarungi berbagai krisis, baik krisis moneter di akhir tahun 1997 dan peliknya pasokan gas, Industri Keramik Kemenangan mampu melewatinya dan melakukan ekspansi sehingga menjadi jawara keramik outdoor saat ini.

Grup Kemenangan dengan produk unggulan centro ini, berawal dari usahanya di tahun 1980-an,dimulai dengan menjadi retailer keramik dan aksesorisnya. Sejurus berjalannya waktu, berkembang hingga menjadi distributor keramik beberapa merek ternama di Indonesia.

Setelah sukses membangun hilir dengan memiliki saluran distribusi yang kuat dan menyebar rata hampir di semua seantero nusantara, dalam kurun tahun 1991 1993, Group Kemenangan memutuskan untuk terjun ke hulu dengan membangun tiga pabrik keramik yang dimiliki bersama dengan beberapa rekanan (local partner).

Namun, mulai tahun 1994 Group Kemenangan mendirikan sendiri pabrik keramiknya yaitu: PT Industri Keramik Kemenangan Jaya. Tahun 1997 membangun pabrik ke-2 dengan nama PT Ubin Keramik Kemenangan Jaya. Karena kian besarnya permintaan pasar, tahun 2002 Grup Kemenangan mendirikan pabrik ke-3nya yaitu PT Lantai Emas Kemenangan Jaya. Terobosan ini dalam rangka demi meningkatkan kapasitas produksi.

Produk-produk yang diproduksi di ketiga pabrik tersebut, saat ini memiliki lebih dari 100 dealer yang tersebar hampir di seluruh propinsi Indonesia dengan bendera distributor utama PT Puri Kemenangan Jaya.

Setiap dealer memiliki 100-200 sub-dealer. Secara total PT Puri Kemenangan Jaya saat ini telah memiliki lebih dari 6.000 sub-dealer. Ketiga pabrik dari Group Kemenangan yang berdiri diatas tanah lebih dari 30 Ha telah memiliki kapasitas produksi mencapai 13,86 juta meter persegi per tahun dan memperkerjakan sebanyak 1.140 orang karyawan.

Dengan modal pengalaman panjang dan kemampuan SDM yang terus ditingkatkan, Kemenangan Jaya Group mampu memproduksi berbagai jenis keramik lantai dan dinding dengan berbagai ukuran mulai dari 10x50, 20x25, 15x45, 20x40, 33x33, 40x40.

Sejalan dengan pesatnya persaingan di pasar keramik, Grup Kemenangan tak pernah tidur nyenyak. Hampir setiap beberapa bulan, menelorkan ragam inovasi dan membuat decak kagum para konsumen yang gila dengan life style. Inilah yang membuat status inovatif dan kreatif tidak bisa lepas dari Grup Kemenangan.

Hebatnya lagi, seiring berkembangnya tren property dalam berapa tahun terakhir, Grup Kemenangan mulai fokus untuk memproduksi keramik premium dengan motif dan bentuk yang unik dan menyerupai batu alam dengan brand Centro,yang mulai diproduksi pada tahun 2008.

Produk Centro bisa disebut mahakarya dari perjalanan bisnis Grup kemenangan. Apalagi dalam waktu relatif singkat, produk Centro telah diterima pasar terutama melihat keunikan dan keindahan konsep batuan alam yang ditampilkan. Dengan bentuk yang tidak beraturan, kasar dan motif acak.

Tak sekadar produksi. Semua produk keramik merupakan hasil racikan teknologi mutakhir dari Italia, termasuk mesin press, kiln (pembakaran). Pabrik Grup Kemenangan merupakan pabrik keramik pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia yang mampu memproduksi produk keramik batu alam bertekstur kasar dengan menggunakan teknologi Digital Printing.

Keramik Centro saat ini selain telah tersebar hampir diseluruh kota besar di Indonesia dan juga telah diexport ke berbagai negara seperti Malaysia, Korea, China, Srilanka, Filipina, Mauritius dan beberapa negara di Timur Tengah.

Sharif Said, Sang Founder Grup Kemenangan, selama ini banyak berada dibalik layar. Namun, selain low profil, dia lebih banyak memberikan kesempatan pada orang-orang hebatnya untuk lebih professional melakukan inovasi dan kreatif dalam menggaungkan nama produk-produk grup.

Salah satunya adalah Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya, Jusmery Chandra. Wanita yang pernah bercita-cita menjadi dokter ini, merupakan satu-satunya srikandi di dunia keramik saat ini. Selain menjadi CEO di PT Puri Kemenangan Jaya, wanita ramah, supel dan energik ini, juga menjabat direktur keuangan di tiga pabrik. Jabatan itu memang karena pengalamannya yang membangun karif bermula dari staf keuangan di tahun 1992.

Kemampuannya dalam bidang keuangan dan pemasaran, serta kemampuannya dalam mengetahui hilir hulu dunia keramik, membuat wanita yang menggemari kuliner itu kian dipercaya untuk melambungkan brand produk Centro di pasar yang kian sesak.

Jusmery mengatakan, sejalan dengan pertumbuhan bisnis, Grup kemenangan mempekerjakan ribuan karyawan. Menurutnya, akibat krisis, grup ini sempat meng-PHK kan 300 karyawan. Namun sejalan dengan pendirian pabrik baru, Grup Kemenangan memanggil dan mempekerjakan kembali semua karyawan yang telah menerima pesangon tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…