Centro, Produk PT Industri Keramik Kemenangan Jaya Jawaranya Keramik Outdoor

Oleh : Dhiyan W Wibowo | Minggu, 21 Mei 2017 - 14:13 WIB

Ilustasi keramik outdoor Centro - foto - Dok Centro
Ilustasi keramik outdoor Centro - foto - Dok Centro

INDUSTRY.co.id - Grup Kemenangan dengan Produk Centro unggul karena Inovatif dan Kreatif. Kini menjadi satu-satunya pemain di industri keramik yang unggul dalam out door. Perusahaan yang dalam bisnisnya bergerak dari hilir baru ke hulu ini di setiap generasi produknya mendapat sambutan luar biasa dari pasar domestik dan ekspor

Andai saja PT Industri Keramik Kemenangan Jaya tidak melakukan transformasi bisnisnya, belum tentu tumbuh sehebat sekarang. Terobosannya yang bergerak berawal dari hilir kemudian membangun hulu adalah keputusan langkah dalam dunia bisnis.

Tapi toh, langkahnya itu berjalan mulus dan tepat. Bahkan kendati mengarungi berbagai krisis, baik krisis moneter di akhir tahun 1997 dan peliknya pasokan gas, Industri Keramik Kemenangan mampu melewatinya dan melakukan ekspansi sehingga menjadi jawara keramik outdoor saat ini.

Grup Kemenangan dengan produk unggulan centro ini, berawal dari usahanya di tahun 1980-an,dimulai dengan menjadi retailer keramik dan aksesorisnya. Sejurus berjalannya waktu, berkembang hingga menjadi distributor keramik beberapa merek ternama di Indonesia.

Setelah sukses membangun hilir dengan memiliki saluran distribusi yang kuat dan menyebar rata hampir di semua seantero nusantara, dalam kurun tahun 1991 1993, Group Kemenangan memutuskan untuk terjun ke hulu dengan membangun tiga pabrik keramik yang dimiliki bersama dengan beberapa rekanan (local partner).

Namun, mulai tahun 1994 Group Kemenangan mendirikan sendiri pabrik keramiknya yaitu: PT Industri Keramik Kemenangan Jaya. Tahun 1997 membangun pabrik ke-2 dengan nama PT Ubin Keramik Kemenangan Jaya. Karena kian besarnya permintaan pasar, tahun 2002 Grup Kemenangan mendirikan pabrik ke-3nya yaitu PT Lantai Emas Kemenangan Jaya. Terobosan ini dalam rangka demi meningkatkan kapasitas produksi.

Produk-produk yang diproduksi di ketiga pabrik tersebut, saat ini memiliki lebih dari 100 dealer yang tersebar hampir di seluruh propinsi Indonesia dengan bendera distributor utama PT Puri Kemenangan Jaya.

Setiap dealer memiliki 100-200 sub-dealer. Secara total PT Puri Kemenangan Jaya saat ini telah memiliki lebih dari 6.000 sub-dealer. Ketiga pabrik dari Group Kemenangan yang berdiri diatas tanah lebih dari 30 Ha telah memiliki kapasitas produksi mencapai 13,86 juta meter persegi per tahun dan memperkerjakan sebanyak 1.140 orang karyawan.

Dengan modal pengalaman panjang dan kemampuan SDM yang terus ditingkatkan, Kemenangan Jaya Group mampu memproduksi berbagai jenis keramik lantai dan dinding dengan berbagai ukuran mulai dari 10x50, 20x25, 15x45, 20x40, 33x33, 40x40.

Sejalan dengan pesatnya persaingan di pasar keramik, Grup Kemenangan tak pernah tidur nyenyak. Hampir setiap beberapa bulan, menelorkan ragam inovasi dan membuat decak kagum para konsumen yang gila dengan life style. Inilah yang membuat status inovatif dan kreatif tidak bisa lepas dari Grup Kemenangan.

Hebatnya lagi, seiring berkembangnya tren property dalam berapa tahun terakhir, Grup Kemenangan mulai fokus untuk memproduksi keramik premium dengan motif dan bentuk yang unik dan menyerupai batu alam dengan brand Centro,yang mulai diproduksi pada tahun 2008.

Produk Centro bisa disebut mahakarya dari perjalanan bisnis Grup kemenangan. Apalagi dalam waktu relatif singkat, produk Centro telah diterima pasar terutama melihat keunikan dan keindahan konsep batuan alam yang ditampilkan. Dengan bentuk yang tidak beraturan, kasar dan motif acak.

Tak sekadar produksi. Semua produk keramik merupakan hasil racikan teknologi mutakhir dari Italia, termasuk mesin press, kiln (pembakaran). Pabrik Grup Kemenangan merupakan pabrik keramik pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia yang mampu memproduksi produk keramik batu alam bertekstur kasar dengan menggunakan teknologi Digital Printing.

Keramik Centro saat ini selain telah tersebar hampir diseluruh kota besar di Indonesia dan juga telah diexport ke berbagai negara seperti Malaysia, Korea, China, Srilanka, Filipina, Mauritius dan beberapa negara di Timur Tengah.

Sharif Said, Sang Founder Grup Kemenangan, selama ini banyak berada dibalik layar. Namun, selain low profil, dia lebih banyak memberikan kesempatan pada orang-orang hebatnya untuk lebih professional melakukan inovasi dan kreatif dalam menggaungkan nama produk-produk grup.

Salah satunya adalah Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya, Jusmery Chandra. Wanita yang pernah bercita-cita menjadi dokter ini, merupakan satu-satunya srikandi di dunia keramik saat ini. Selain menjadi CEO di PT Puri Kemenangan Jaya, wanita ramah, supel dan energik ini, juga menjabat direktur keuangan di tiga pabrik. Jabatan itu memang karena pengalamannya yang membangun karif bermula dari staf keuangan di tahun 1992.

Kemampuannya dalam bidang keuangan dan pemasaran, serta kemampuannya dalam mengetahui hilir hulu dunia keramik, membuat wanita yang menggemari kuliner itu kian dipercaya untuk melambungkan brand produk Centro di pasar yang kian sesak.

Jusmery mengatakan, sejalan dengan pertumbuhan bisnis, Grup kemenangan mempekerjakan ribuan karyawan. Menurutnya, akibat krisis, grup ini sempat meng-PHK kan 300 karyawan. Namun sejalan dengan pendirian pabrik baru, Grup Kemenangan memanggil dan mempekerjakan kembali semua karyawan yang telah menerima pesangon tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…

Ilustrasi Foto Wecash, Fintech Asal China

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:00 WIB

Dari 150 Ribu Fintech Lending, 20 Persen Berasal dari Asing

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dari 150 ribu finansial teknologi khususnya peer to peer lending sekitar 20 persennya berasal dari luar negeri.