Kian Prospektif, Total Omset Waralaba Indonesia Capai Rp 172 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 18 Mei 2017 - 12:24 WIB

Ilustrasi Waralaba Brand Lokal
Ilustrasi Waralaba Brand Lokal

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kian bertumbuh, waralaba mampu menjadi daya tarik bagi pelaku usaha terlebih saat ini sudah menjadi tren bagi kalangan generasi muda untuk terjun dibisnis waralaba. Tak bisa dipungkiri omset waralaba di Indonesia begitu besar, berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan tercatat omset bisnis waralaba mencapai Rp 172 triliun dan mampu menyerap 150 ribu tenaga kerja.

“Di Indonesia tercatat ada 698 waralaba dengan jumlah gerai mencapai 24.400 yang terdiri dari 63% waralaba lokal serta 37% mancanegara. Industri waralaba juga mampu menyerap tenaga kerja hingga 150 ribu tenaga kerja,”kata Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar, dalam keterangan resminya, Kamis (18/5/2017).

Lanjutnya, peluang bisnis waralaba sangat besar. Terlebih upaya untuk menyebarluaskan gerai dapat dilakukan dengan mudah atau tak harus investasi modal yang besar. “Konsep waralaba juga sangat cocok dengan Indonesia karena masyarakat Indonesia sejak lama telah terbiasa dengan usaha sendiri,” jelas dia.

Sebagai informasi, pameran usaha waralaba internasional atau International Franchise , License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) kembali digelar di Jakarta Convention Center pada 19 – 21 Mei 2017. IFRA 2017 akan menghadirkan 150 perusahaan dengan 350 merek yang siap menawarkan potensi peluang bisnis waralaba bagi masyarakat Indonesia.

Dengan harga tiket masuk Rp 50.000, pameran ini akan berlangsung mulai dari pukul 10.00 - 21.00 WIB. 

IFRA sendiri selain menampilkan pameran ratusan perusahaan waralaba seperti food & beverages, restoran, café/coffee shop, otomotif, spa, kecantikan dan kesehatan, retail mini market, perlengkapan bisnis, cleaning/laundry, IT/internet support, konsultan, klinik dan terapi, asesoris, farmasi, properti, mebel, venue/hotel, recruitment & training center, karaoke/hiburan, rental company, sekolah/pendidikan, logistik, food truck, business opportunity, hingga supporting equipment.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak…

Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Touring Manaqib ke Pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 18:00 WIB

Mengenal Wisata Religi Lewat Touring Manaqib ke Pantai Santolo, Garut

Selain wisata budaya dan alam, Indonesia juga memiliki wisata religinya. Salah satunya yaitu Touring Manaqib yang berlangung pada hari ini, Sabtu (20/1/2018) dan Kementerian Pariwisata mendukung…

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:00 WIB

Oktober 2018 Mendatang, AirAsia Pastikan Buka Penerbangan dari Manado ke Malaysia

Bulan Oktober 2018 mendatang, maskapai penerbangan AirAsia memastika membuka rute penerbangan internasional dari Manado ke Malaysia.

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:05 WIB

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)melalui PT Evoluzione Tyres bekerja sama dengan Pirelli Tyre S.p.A menghadirkan Ban Diablo Rosso Corsa II yang dirancang khusus untuk sepeda motor underbone yang…

Taman Laut Tumbak, Manado, Sulawesi Utara (Foto:traviamgz.com)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:00 WIB

Sriwijaya Air Optimis Jumlah Penumpang ke Manado Meningkat di Tahun 2018

Dengan dipermudahkannya akses menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa tahun ini jumlah penumpang dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi…