Ekonomi Membaik, Tiga Bandara di Indonesia Timur Tambah Jumlah Penerbangan

Oleh : Irvan AF | Jumat, 09 Desember 2016 - 10:17 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Tiga bandara yakni Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara El Tari Kupang yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) resmi menambah jumlah penerbangan.

"Penambahan jumlah rute penerbangan dari beberapa maskapai ini diharapkan dapat meningkatkan trafik penumpang dan konektivitas wilayah timur Indonesia yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam siaran pers, Jumat (9/12/2016).

Menurutnya, dukungan terhadap penambahan rute penerbangan ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan trafik penumpang dalam negeri dan meningkatkan konektivitas di wilayah timur Indonesia.

Wilayah timur Indonesia yang semakin terkoneksi dan mudah diakses, diharapkan dapat meningkatkan distribusi orang dan barang yang pada akhirnya memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Di Bandara El Tari Kupang telah dilakukan inagurasi penerbangan perdana maskapai Lion Air dengan rute Kupang-Lombok. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar resmi menambah rute penerbangan baru Makassar-Madinah dari Saudi Arabia Airlines dengan jumlah penerbangan dua kali dalam satu minggu.

Di Bandara Sam Ratulangi Manado, terdapat penambahan operasi maskapai penerbangan domestik yaitu NAM Air (Sriwijaya Group) dengan tiga rute penerbangan yang rencananya akan efektif beroperasi pada 9 Desember 2016. Ketiga rute penerbangan tersebut yaitu Manado-Sorong, Manado Ambon, dan Manado-Ternate.

Tiga rute penerbangan NAM Air dari dan ke Manado terbang setiap hari. Rute pertama yaitu Manado-Sorong dijadwalkan pukul 04.30 WITA dan Sorong-Manado pada pukul 12.10 WIT. Sementara rute kedua Manado-Ambon terjadwal lepas landas pukul 15.55 WITA dan Ambon-Manado 18.55 WIT. Sementara rute ketiga Manado-Ternate pada pukul 13.10 WITA dan Ternate-Manado pukul 15.30 WIT.

Kehadiran NAM Air selain dapat memacu pengembangan sekaligus memperpendek konektivitas penerbangan di kawasan Indonesia bagian timur juga dapat membuka lebih banyak akses untuk masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Batik Air telah menambah rute baru Manado-Halim Perdanakusuma yang resmi beroperasi Oktober. Hingga saat ini total delapan maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di Bandara Sam Ratulangi Manado, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Wings Air, Air Fast, dan NAM Air.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…