Ekonomi Membaik, Tiga Bandara di Indonesia Timur Tambah Jumlah Penerbangan

Oleh : Irvan AF | Jumat, 09 Desember 2016 - 10:17 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Tiga bandara yakni Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara El Tari Kupang yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) resmi menambah jumlah penerbangan.

"Penambahan jumlah rute penerbangan dari beberapa maskapai ini diharapkan dapat meningkatkan trafik penumpang dan konektivitas wilayah timur Indonesia yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam siaran pers, Jumat (9/12/2016).

Menurutnya, dukungan terhadap penambahan rute penerbangan ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan trafik penumpang dalam negeri dan meningkatkan konektivitas di wilayah timur Indonesia.

Wilayah timur Indonesia yang semakin terkoneksi dan mudah diakses, diharapkan dapat meningkatkan distribusi orang dan barang yang pada akhirnya memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Di Bandara El Tari Kupang telah dilakukan inagurasi penerbangan perdana maskapai Lion Air dengan rute Kupang-Lombok. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar resmi menambah rute penerbangan baru Makassar-Madinah dari Saudi Arabia Airlines dengan jumlah penerbangan dua kali dalam satu minggu.

Di Bandara Sam Ratulangi Manado, terdapat penambahan operasi maskapai penerbangan domestik yaitu NAM Air (Sriwijaya Group) dengan tiga rute penerbangan yang rencananya akan efektif beroperasi pada 9 Desember 2016. Ketiga rute penerbangan tersebut yaitu Manado-Sorong, Manado Ambon, dan Manado-Ternate.

Tiga rute penerbangan NAM Air dari dan ke Manado terbang setiap hari. Rute pertama yaitu Manado-Sorong dijadwalkan pukul 04.30 WITA dan Sorong-Manado pada pukul 12.10 WIT. Sementara rute kedua Manado-Ambon terjadwal lepas landas pukul 15.55 WITA dan Ambon-Manado 18.55 WIT. Sementara rute ketiga Manado-Ternate pada pukul 13.10 WITA dan Ternate-Manado pukul 15.30 WIT.

Kehadiran NAM Air selain dapat memacu pengembangan sekaligus memperpendek konektivitas penerbangan di kawasan Indonesia bagian timur juga dapat membuka lebih banyak akses untuk masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Batik Air telah menambah rute baru Manado-Halim Perdanakusuma yang resmi beroperasi Oktober. Hingga saat ini total delapan maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di Bandara Sam Ratulangi Manado, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Wings Air, Air Fast, dan NAM Air.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara penghargaan Industri Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:40 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp1,8 Triliun dan Air Mencapai Rp 27 Miliar

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, hasil assessement penghargaan industri hijau tahun 2018, diperoleh penghematan energi sesebesar Rp 1,8 miliar dan air sebesar Rp 27 miliar.

Mayjen Hafil digadang-gadang jadi pimpinan PB POBSI

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:36 WIB

‎19 Pengprov POBSI Alihkan Dukungan ke Mayjen Hafil

Jakarta - Sebanyak 19 Pengurus Provinsi Persatuan Olah Raga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) mengalihkan dukungannya ke Mayjen TNI A Hafil sebagai Ketua Umum PB POBSI. Sebelumnya dukungan ini…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:22 WIB

Menperin: Konsumsi Olahan Buah Masih Rendah, Indonesia Miliki Peluang Besar di Industri Mamin

Menteri Airlangga mengatakan, Indonesia sebagai negara tropis penghasil buah-buahan eksotis mempunyai potensi dalam pengembangan produk olahan buah seperti buah dalam kaleng, minuman sari buah,…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 12:42 WIB

Dukung Industri 4.0, Re.juve Datangkan Teknologi High-Pressure Pertama di Indonesia

PT Sewu Segar Primatama (anak perusahaan PT Sewu Sentral Primatama), perusahaan nasional pemroduksi coId-pressed juice dengan merek dagang Re.juve, meresmikan Real CoId-Pressed Facility (CPF)…

Para Pemain, Sutradara, dan Produser film Down Swan

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:54 WIB

Film Down Swan Angkat Tema Tentang Anak Down Syndrom

Di tengah booming-nya film horor, production house (PH) baru bernama Adiksi Film siap memproduksi film drama keluarga yang bercerita seputar dunia anak anak berkebutuhan khusus, berjudul Down…