Di IIMS 2024, Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Terbaru, Ada IONIQ 5 Batik...

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 17 Februari 2024 - 11:18 WIB

Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Terbaru dan Inovasi Layanan Terdepan di IIMS 2024
Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Terbaru dan Inovasi Layanan Terdepan di IIMS 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempertegas komitmennya untuk menghadirkan solusi mobilitas terdepan di Indonesia pada partisipasinya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung selama 15–25 Februari 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Melalui perhelatan ini juga Hyundai ingin memperkuat kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru bertajuk "Hyundai EV. Expect more." guna mendorong elektrifikasi di Indonesia yang ditunjukkan melalui peluncuran IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric.

Menjadi pionir dalam memperkenalkan kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020, Hyundai telah membuktikan komitmennya dalam membangun ekosistem EV dari hulu ke hilir melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Indonesia.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan bahwa pihaknya memiliki visi Progress for Humanity untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik, salah satunya melalui pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia  yang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di ASEAN. Hal ini selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara.

"Sejalan dengan mimpi besar ini, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait," katanya dikutip redaksi INDUSTRY.co.id, Sabtu (17/2/2024).

Senada dengan Woojune Cha, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, “Hyundai EV. Expect more.” menjadi manifestasi terbaru dari komitmen Hyundai dalam memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia beserta ekosistem pendukungnya.

"Hyundai EV. Expect more." mengajak masyarakat untuk semakin yakin dalam beralih ke kendaraan listrik dan merasakan mobilitas masa depan yang sesungguhnya. Di sini, Hyundai menunjukkan bagaimana pengguna menikmati kepemilikan kendaraan listrik yang worry-free hasil dari pengalaman berkendara terdepan, layanan after-sales andal, dan ekosistem teknologi terintegrasi.

Untuk dietahui, sejalan dengan “Hyundai EV. Expect more.”, HMID menampilkan All New KONA Electric di ajang IIMS 2024 yang dapat menjadi pilihan kendaraan listrik yang lebih versatile bagi konsumen. All New KONA Electric yang diluncurkan secara global pada 2023 hadir sebagai EV SUV yang mampu meningkatkan kepercayaan diri pengguna berkat eksterior yang sleek dan aerodinamik.

Tak hanya itu, dalam gelaran IIMS 2024, Hyundai secara resmi mengumumkan IONIQ 5 Batik yang telah tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen luas. Sebelumnya, IONIQ 5 Batik telah diperkenalkan di GIIAS 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. IONIQ 5 Batik menjadi edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas dari batik yang mewakili tradisi Indonesia.

Mobil ini mempersembahkan pola Batik Kawung yang menggabungkan geometris bundar mirip buah kawung dengan pixel parametrik khas Hyundai. Pola ini mencerminkan persatuan dan harmoni sejalan dengan visi global Hyundai, Progress for Humanity, dalam menghadirkan solusi mobilitas unggulan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Keterkaitan antara pola Batik Kawung dan desain pixel IONIQ tidak hanya sekadar elemen desain, melainkan juga simbol warisan budaya yang memadukan unsur analog dan digital dalam kendaraan listrik terbaik dari Hyundai Motor Company. Pixel menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan, sesuai dengan visi merek dalam merancang desain kendaraan masa depan dengan inspirasi dari pusaka sejarah.

Pola Batik Kawung berwarna abu-abu dapat ditemukan menghiasi bagian hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang. Interior mobil pun didominasi pola Batik Kawung berwarna abu-abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan.

Untuk makin menambah estetika interior IONIQ 5 Batik, Hyundai mendesain pola Batik Kawung berwarna cokelat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola. Warna soga menggambarkan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan, selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

IONIQ 5 Batik pun membawa semua keunggulan IONIQ 5 sebagai BEV pertama yang diproduksi massal di Indonesia. IONIQ 5 menawarkan pengalaman berkendara terdepan dengan jarak tempuh 451 km, laju dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,4 detik, serta fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense. IONIQ 5 juga menggunakan E-GMP yang memungkinkan hadirnya fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik.

IONIQ 5 Batik sendiri  sudah bisa dipesan secara nasional dengan harga Rp990,000,000 (OTR Jakarta).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…