PT VKTR Teknologi Mobilitas dan Indomobil Jalin Kerjasama Tingkatkan Inovasi dan Percepatan Adopsi Kendaraan Listrik di Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 20 Maret 2024 - 13:22 WIB

Penandatanganan kemitraan strategis dan pendirian perusahaan joint venture antara PT VKTR Teknologi Mobilitas dan Indomobil.
Penandatanganan kemitraan strategis dan pendirian perusahaan joint venture antara PT VKTR Teknologi Mobilitas dan Indomobil.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) dan Indomobil, melalui salah satu anak perusahaannya yaitu PT IMG Sejahtera Langgeng, melakukan penandatanganan kemitraan strategis dan pendirian perusahaan joint venture bersama untuk meningkatkan inovasi dan mempercepat adopsi kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Kemitraan ini merupakan kolaborasi strategis antara kedua perusahaan yang memiliki pengalaman di bidang otomotif. Menandai era baru dalam industri otomotif dalam upaya untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penetrasi teknologi EV di pasar otomotif Indonesia dan mempercepat adopsi EV di Indonesia. 

Dengan penandatanganan ini, VKTR dan Indomobil menegaskan komitmen mereka untuk menghadirkan solusi transportasi yang ramah lingkungan serta mempercepat transisi menuju mobilitas berkelanjutan. Juga sebagai dukungan terhadap pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emissions 2060.

Salah satu poin penting dari kemitraan ini adalah kedua perusahaan akan fokus pada pengembangan dan peningkatan kendaraan listrik untuk berbagai kebutuhan, termasuk kendaraan penumpang dan komersial melalui pendirian perusahaan joint venture tersebut. 

Meskipun demikian, Indomobil hanya akan menyoroti aspek kemitraan yang berkaitan dengan EV. Langkah ini diambil untuk memastikan fleksibilitas dan ekspansi yang lebih luas dalam kerja sama di masa depan, yang mungkin meliputi sektor kendaraan penumpang dan komersial. 

“VKTR terus berkomitmen untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia, salah satu realisasi dari komitmen kami adalah dengan melakukan kerja sama strategis dengan Indomobil, sebagai perusahaan yang telah banyak memiliki portfolio sukses dalam industri otomotif,” ujar Gilarsi W. Setijono, Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk.

“Dengan portfolio, jaringan serta pengalaman Indomobil dalam industri otomotif di Indonesia selama hampir 50 tahun, kami berbahagia dapat berkolaborasi dengan VKTR sebagai pionir dari industri kendaraan listrik komersil di Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini dapat mendukung peningkatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia”, ujar Andrew Nasuri, Direktur Pengembangan Bisnis Indomobil Group.

Dalam penandatanganan ini, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk akan mempersembahkan portofolio teknologi dan pengetahuan yang luas dalam bidang kendaraan listrik, sementara Indomobil akan membawa pengalaman yang kaya dalam industri otomotif serta jaringan distribusi yang mapan.

Rangkaian acara penandatanganan telah dilaksanakan dengan kehadiran pimpinan utama VKTR, PT Bakrie & Brothers Tbk selaku perusahaan induk, jajaran utama Indomobil, mitra pendukung seperti Bank, Underwriter, dan media.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…