PLN Perkuat Sistem Kelistrikan Pengembangan Kawasan Bekasi

Oleh : Irvan AF | Jumat, 03 Maret 2017 - 11:32 WIB

Ilustrasi PLN. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi PLN. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Bekasi - PLN memperkuat sistem kelistrikan dalam rangka pengembangan daerah dan kawasan industri di wilayah Bekasi, Jawa Barat serta sekitarnya dengan membangun Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kiloVolt.

"GISTET 500 kV Tambun akan dibangun pada areal seluas 5,3 hektare yang membutuhkan waktu konstruksi 18-24 bulan," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Murtaqi Syamsuddin, dalam acara peresmian pembangunan GISTET 500 kV Tambun dan GIS 150 kV Tambun II di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/3/2017).

GISTET itu akan memiliki kapasitas trafo interbus dari tegangan 500kV yang dikonversi menjadi tegangan 150 kV dengan kapasitas 2x500 Mega Volt Ampere (MVA) pada tahap awal, dan selanjutnya sampai pada total 4x500 MVA.

Sementara itu, General Manager Unit Induk Pembangunan PLN Robert Aprianto Purba memaparkan, GIS 150 kV Tambun juga dipersiapkan trafo daya yang melayani masyarakat sekitar lokasi Gardu Induk dengan kapasitas 2x60 MVA pada tahap awal dan dapat dikembangkan menjadi total 4x60 MVA sesuai kebutuhan warga masyarakat dan dunia industri di sekitar lokasi GISTET.

"Dengan ketersediaan pasokan energi yang cukup, kami yakin daerah Kotamadya Bekasi dan wilayah industri di sekitarnya akan mendapatkan pasokan listrik yang cukup dan diharapkan dapat memacu pertumbuhan perekonomian di sekitar lokasi ini," katanya.

Ia mengingatkan bahwa saat ini, pelayanan listrik yang mengelilingi daerah Jabodetabek yang selama ini trafo interbus 500/150 kV sudah berbeban lebih dari 80 persen, bakal berkurang bebannya dengan beroperasinya trafo interbus 2x500 MVA di Tambun ini.

Seluruh hal tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk pelayanan PLN sebagai akibat dari kebutuhan energi listrik warga masyarakat dan dunia industri di sekitar 3 persen per tahun.

Pembangunan GISTET 500 kV Tambun termasuk pembangunan GITET 500 kV Duri Kosambi dan Deltamas yang merupakan bagian dari program 35.000 MW yang disalurkan melalui 46.000 kilometer sirkuit (kms) jaringan transmisi dan 109.000 MVA gardu induk.

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bekasi, Tri Adhianto, di beberapa daerah memang ada yang mengalami krisis listrik, padahal perkembangan seperti kawasan industri di Bekasi sangat luar biasa karena menarik banyak investasi yang masuk.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Batu Bara Indonesia (APBI) Supriatna Suhala meminta kepada PLN agar menyerap hasil batu bara sebagai operasional menghasilkan energi.

"Harusnya PLN menyerap semua hasil batu bara tanpa mempermasalahkan soal harga, karena nilainya masih di bawah dari minyak dan gas," kata Supriatna di Jakarta, Rabu (1/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa harga batu bara masih rendah dibandingkan dengan minyak dan gas yang biasanya digunakan oleh PLN sebagai bahan bakar, sehingga secara materi tidak akan membuat kerugian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.