Serikat Petai Sepakat Jokowi Lanjutkan Reforma Agraria

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 Februari 2019 - 04:00 WIB

Ilustrasi petani (ist)
Ilustrasi petani (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih menyatakan dukungannya terhadap calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo untuk melanjutkan reforma agraria dalam masa pemerintahannya ke depan.

"Reforma agraria adalah suatu upaya korektif untuk menata ulang struktur agraria yang timpang, yang memungkinkan eksploitasi manusia atas manusia, menuju tatanan baru dengan struktur yang bersendi kepada keadilan agraria," kata Henry di Jakarta, Senin.(18/2/2019)

Henry yang turut menyaksikan Debat Capres Putaran Kedua pada Minggu (17/2/219), mengapresiasi kebijakan reforma agraria telah dilaksanakan selama masa kepemimpinan Jokowi.

Melalui kebijakan ini, pemerintahan Jokowi telah mendistribusikan lahan ke petani kecil dan masyarakat adat dan akan terus melanjutkan kebijakan ini pada masa pemerintahannya yang akan datang.

Selain redistribusi lahan, hal lain yang perlu dicatat bahwa pemerintahan Jokowi tidak ada menerbitkan izin-izin penggunaan lahan baru bagi perusahaan-perusahaan besar. Henry menilai kondisi ini berbeda jauh dengan pemerintahan-pemerintahan sebelumnya yang "murah hati" terhadap perusahaan-perusahaan tersebut,

Di sisi lain, ia mengkritisi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang tidak memiliki perhatian besar terhadap pelaksanaan reforma agraria. Menurutnya, konsep tentang reforma agraria yang ditawarkan Prabowo masih gamang.

"Penguasaan luas lahan Prabowo sendiri jumlahnya sangat besar, berbanding jauh dengan penguasaan tanah mayoritas masyarakat Indonesia yang jumlahnya di bawah 0,5 hektare," kata dia kepada Antara.

Oleh karena itu, Henry menegaskan hal tersebut semakin memperkuat sikap SPI untuk terus mendukung Jokowi agar reforma agraria dapat dilanjutkan dalam lima tahun ke depan, termasuk penyelesaian konflik agraria.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2018, kesejahteraan petani diharapkan dapat meningkat dan kedaulatan pangan pun terwujud.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:47 WIB

Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatanganiPerjanjian Kerja Sama Pengawasan dan Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).