Cerdas Berbelanja Saat Harbolnas, Ini Tips Dari Grant Thornton Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:39 WIB

Foto Ilustrasi E-commerce
Foto Ilustrasi E-commerce

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan pesta belanja online terbesar di Indonesia yang kembali hadir pada 11-12 Desember. 

Berbagai e-Commerce berlomba-lomba memberikan potongan harga dalam bentuk voucher, promo maupun diskon untuk produk tertentu, mendorong masyakarat agar rela merogoh kocek sedalam-dalamnya dengan asumsi akan mendapatkan hasil yang sama banyaknya.
 
Gegap gempita promosi dari pelaku e-commerce serta animo yang sangat besar dari masyarakat diiringi peningkatan signifikan transaksi tiap tahunnya memperlihatkan besarnya kemungkinan konsumen berperilaku konsumtif. Perilaku yang sangat mungkin timbul jika konsumen tidak memiliki pemahaman akan literasi keuangan yang baik.
 
"Terkadang masyarakat berpikir Harbolnas adalah kesempatan sekali dalam
setahun yang harus dimanfaatkan sebanyak mungkin demi memperoleh penawaran
terbaik. Namun tidak semua pembelian ini akan berujung pada sebuah
keputusan yang cerdas dan tepat, terutama apabila kesehatan keuangan masing-masing tidak ditinjau secara menyeluruh," kata Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (11/12/2018).
 
Perilaku impulsif yang didorong dengan berbagai kemudahan saat berbelanja online seringkali menimbulkan masalah keuangan baru kedepannya seperti membengkaknya tagihan kartu kredit hingga nekat berutang demi barang yang tidak terhitung kebutuhan primer. Grant Thornton Indonesia membagikan 3 tips utama untuk berbelanja cerdas saat Harbolnas agar tidak terseret ke pusaran hutang: 
 
1. Cek kondisi keuangan 
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan kembali apakah Anda masih memiliki hutang dari pembelanjaan sebelumnya baik melalui kartu kredit ataupun institusi keuangan digital yang belakangan cukup gencar berpromosi. Usahakan untuk melihat hingga 6 bulan kedepan apakah Anda akan memiliki pengeluaran yang besar seperti pembayaran premi Asuransi yang jatuh tempo hingga uang sekolah anak, pastikan Anda memiliki alokasi dana yang cukup untuk membayar tagihan tersebut. 
 
2. Tetapkan anggaran belanja
JIka Anda aman di fase pertama, maka perlu untuk menghitung berapa budget yang akan Anda alokasikan untuk berbelanja, pastikan Anda tidak kalap melihat berbagai label diskon dan berbelanja melebihi budget tersebut. 
 
3. Ingatlah, tidak semua promo merupakan good deal! 
Tentukan prioritas akan barang apa yang Anda butuhkan, biasakan untuk cek harga terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya dari beberapa toko online untuk mengetahui harga pasar. Hindari terjerat strategi e-Commerce yang menaikkan harga dahulu lalu menetapkan diskon besar seakan-akan barang tersebut dalam periode promo luar biasa, dan ingatlah, jika Anda beli barang yang tidak Anda butuhkan namun hanya karena tergiur potongan harga besar itu bukanlah cara berbelanja yang cerdas. 
 
Harbolnas tentu memiliki banyak dampak positif lainnya, lonjakan transaksi menjadi momen yang paling ditunggu pelaku e-commerce untuk menutup tahun buku yang positif, UMKM yang mengembangkan bisnis secara online juga biasanya mencatat transaksi yang meningkat. Sedangkan bagi konsumen, keringanan dalam harga yang ditawarkan, efisiensi waktu dan kemudahan berbelanja online akan menjadi alasan mengapa Harbolnas layak untuk dinanti. 
 
“Harbolnas membawa banyak kebaikan dan menjadi momen yang selalu ditunggu di akhir tahun, namun harus di imbangi dengan sikap tidak konsumtif dan bijak dalam mengatur keuangan sehingga tidak memberatkan kondisi keuangan Anda di tahun depan.” pungkas Hanny Prasetyo, Assurance and Advisory Partner Grant Thornton Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.