Bekraf: Potensi Pasar Industri Game Tanah Air Capai Rp 11,9 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 15 Juli 2018 - 10:51 WIB

developer game lokal menuai prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Lentera Nusantara dengan judul game Ghost Parade, yang sudah dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game.
developer game lokal menuai prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Lentera Nusantara dengan judul game Ghost Parade, yang sudah dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mendorong pengembang game Indonesia bisa bersaing di dunia internasional. Karena, video game yang merupakan subsektor industri kreatif tanah air menjanjikan peluang besar.

Hasil penelitian dari lembaga riset industri game global, Newzoo, menyebutkan bahwa pasar game Indonesia memiliki sekitar 43,7 juta gamer dan berpotensi menghasilkan penghasilan hingga US$ 880 juta (sekitar Rp11,9 triliun) untuk industri pada 2017 lalu. Potensi ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-16 dalam daftar industri game terbesar di dunia.

Deputi Pemasaran Joshua Simanjuntak mengatakan BeKraf mengakui walaupun memiliki pangsa pasar besar, industri game nasional tidak serta merta dilirik investor baik lokal maupun asing.

“Kami belum mengarah ke sana. Memang investor masih belum ada. Tapi kami memfasilitasi pada game developer ini untuk bertemu dengan para publisher. Nah sebenarnya publisher ini juga merupakan investor bagi mereka namun mungkin dalam bentuk lain,” kata Joshua dalam ngopi bareng dengan media Sabtu (14/7) sore.

Menurut Joshua, ketika sebuah pengembang game telah menemukan publisher maka game tersebut dapat dirilis dalam berbagai platform. Joshua mencontohkan belum lama ini pihaknya memfasilitasi pengembang game, Lentera Nusantara, untuk maju dalam event Game Connection America 2018.

Seperti diketahui, pengembang game tanah air dari Lentera Nusantara dengan judul Ghost Parade, dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game. Publisher akan merilis Ghost Parade di seluruh dunia dalam berbagai platform, diantaranya Nintendo Switch, PlayStation 4, dan PC via Steam pada tahun 2019. Sebagai musik pengiring, Ghost Parade diiringi perpaduan gending Banyuwangi serta perpaduan harmoni nusantara, sebagai identitas asalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kongres dan Seminar Teknis AGII yang ke-11

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:33 WIB

Menperin Agus Beberkan Peluang dan Tantangan Bisnis Gas Industri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, sumbangsih para produsen gas di Indonesia saat masa pandemi Covid-19 sangat luar biasa. Oleh karena itu, Menperin Agus turut mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:30 WIB

Menperin Agus: Produsen Gas Industri Berperan Vital Dukung Sektor Manufatur

Produsen gas industri merupakan salah satu sektor pendukung yang vital bagi perkembangan industri manufaktur. Kapasitas produksi gas industri nasional saat ini sebesar 2,5 juta ton per tahun…

Kawasan industri Jababeka (Ist)

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:25 WIB

Kuartal Pertama 2024, Jababeka Catat Pendapatan Sebesar Rp688 Miliar

PT Jababeka Tbk (KIJA) mencatat total pendapatan sebesar Rp 688,6 miliar untuk kuartal pertama tahun 2024, turun 12% dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023. Pilar Land Development &…

Proyek SakuraLand

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:02 WIB

Begini Upaya SakuraLand Hadirkan Hunian Terjangkau, Berkualitas, dan Strategis

Setelah sukses membangun beberapa kawasan hunian, PT Sakura Sejahtera (SakuraLand) berencana akan mengembangkan beberapa kawasan hunian lagi. SakuraLand merupakan pengembang perumahan yang berdiri…

AVEVA Perkenalkan CONNECT di Acara AVEVA DAY Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 09:42 WIB

AVEVA Perkenalkan CONNECT, Platform Industrial Intelligence Terdepan di Acara AVEVA DAY Indonesia

Pemimpin global dalam industri piranti lunak, AVEVA memperkenalkan CONNECT sebuah platform industrial intelligence dengan pertumbuhan tercepat di dunia, yang menyediakan berbagai pemikiran…