Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Tinggi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Mei 2018 - 21:30 WIB

Presiden Jokowi saat melepas ekspor produk manufaktur ke Amerika Serikat (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Presiden Jokowi saat melepas ekspor produk manufaktur ke Amerika Serikat (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Hasil survei lembaga kajian Roda Tiga Konsultan (RTK) menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan sejak September 2017 hingga April 2018.

"Pada survei September 2017 kepuasan publik sebesar 56,9 persen, meningkat pada April 2018 sebesar 65,1 persen," ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Rikola Fedri dalam acara pemaparan hasil survei bertema "Isu-Isu Pemerintahan, Kinerja Presiden dan Gerakan Ganti Presiden 2019", di Jakarta, Kamis (24/5/2018)

Fedri mengatakan tingkat kepuasan publik yang meningkat ini tidak linear dengan elektabilitas Jokowi yang sebesar 48,2 persen atau berada di bawah 50 persen.

Hal ini menurut dia, menjelaskan bahwa ada pemilih yang puas terhadap kinerja Jokowi, tetapi belum tentu memilih Jokowi dalam Pilpres 2019.

Dia mengatakan dari 65,1 persen responden yang menyatakan puas atas kinerja Jokowi, suaranya terbagi terhadap sosok lain yakni Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono dan Gatot Nurmantyo sehingga tingkat kepuasan itu tidak linear mendongkrak elektabilitas Jokowi.

"Selain itu, ada juga kemungkinan pemilih menunggu figur lain selain Jokowi dan Prabowo," ujar Fedri kepada awak media.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa kinerja pemerintahan Jokowi yang dianggap berhasil oleh publik di antaranya di bidang pelayanan kesehatan, pembangunan infrastruktur, transportasi umum, pendidikan, layanan birokrasi serta listrik dan air bersih.

Sedangkan yang dianggap belum berhasil antara lain dalam mengatasi masalah ketersediaan lapangan kerja, tingginya harga sembako, pemerataan kesejahteraan, pemberantasan korupsi, penegakkan hukum dan sektor pengadaan perumahan.

Menurut dia, elektabilitas Jokowi dapat ditingkatkan bergantung pada kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan itu.

Survei RTK dilakukan pada rentang 21 April-2 Mei 2018 dengan melibatkan 1.610 responden. Metode pengumpulan data survei menggunakan stratified systemic random sampling dengan tingkat "margin of error" 2,5 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…