Kembangkan Bisnisnya, SCG Gandeng Barito Pacific Rambah Industri Plastik

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Mei 2018 - 18:40 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Raksasa industri petrokimia asal Thailand, Siam Cement Group (SCG) terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. 

Rencananya, dalam waktu dekat SCG akan mendirikan perusahaan marketing baru di Indonesia. Perusahaan akan menggandeng Barito Pacific untuk memasarkan produk plastik dan turunan polymer lainnya.

Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengatakan, perseroan telah menginvestasikan 50 persen saham untuk perusahaan tersebut. 

"Perusahaan marketing itu bernama PT Nusantara Polymer Solutions (NPS), dimana 50% investasi oleh kami dan 50% lagi oleh Barito," ujarnya di Jakarta (22/5/2018).

Menurutnya, perusahaan tersebut akan mulai beroperasi pada kuartal II-2018 ini. Untuk tahap awal, NPS akan menjual Pipa High Density Polyethylene (HDPE), namun tidak menutup kemungkinan akan menjual produk polymer lainnya yang High Added Value (HVA).

Suplai pipa tersebut didatangkan dari pabrikan SCG di Thailand dan anak usaha Barito Pacific, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di Indonesia.

"Targetnya di tahun pertama ini kami bisa jual 50.000 ton," terang Nantapong.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan, motif pendirian perusahaan joint-venture ini adalah langkah untuk mengejar pertumbuhan strategis SCG untuk produk HVA di Indonesia dan Asean.

Saat ini perusahaan getol melaksanakan pengembangan produk dan riset yang baru, dimana SCG tercatat telah menginvestasikan lebih dari Rp 515 Miliar (US$ 38 Juta) dalam Penelitian dan Pengembangan inovasi, mewakili 1% dari total pendapatan bersih tersebut.

Selain bisnis, tutur Nantapong, SCG juga melakukan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Proyek CSR-nya antara lain melakukan renovasi toilet sekolah, pelatihan bagi siswa sekolah menengah atas, dan pemberian beasiswa yang berkelanjutan selama 7 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…