Kembangkan Bisnisnya, SCG Gandeng Barito Pacific Rambah Industri Plastik

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Mei 2018 - 18:40 WIB

SCG Resmi Akuisis Indocorr Cikarang Perkuat Bisnis Kemasan di ASEAN
SCG Resmi Akuisis Indocorr Cikarang Perkuat Bisnis Kemasan di ASEAN

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Raksasa industri petrokimia asal Thailand, Siam Cement Group (SCG) terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. 

Rencananya, dalam waktu dekat SCG akan mendirikan perusahaan marketing baru di Indonesia. Perusahaan akan menggandeng Barito Pacific untuk memasarkan produk plastik dan turunan polymer lainnya.

Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengatakan, perseroan telah menginvestasikan 50 persen saham untuk perusahaan tersebut. 

"Perusahaan marketing itu bernama PT Nusantara Polymer Solutions (NPS), dimana 50% investasi oleh kami dan 50% lagi oleh Barito," ujarnya di Jakarta (22/5/2018).

Menurutnya, perusahaan tersebut akan mulai beroperasi pada kuartal II-2018 ini. Untuk tahap awal, NPS akan menjual Pipa High Density Polyethylene (HDPE), namun tidak menutup kemungkinan akan menjual produk polymer lainnya yang High Added Value (HVA).

Suplai pipa tersebut didatangkan dari pabrikan SCG di Thailand dan anak usaha Barito Pacific, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di Indonesia.

"Targetnya di tahun pertama ini kami bisa jual 50.000 ton," terang Nantapong.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan, motif pendirian perusahaan joint-venture ini adalah langkah untuk mengejar pertumbuhan strategis SCG untuk produk HVA di Indonesia dan Asean.

Saat ini perusahaan getol melaksanakan pengembangan produk dan riset yang baru, dimana SCG tercatat telah menginvestasikan lebih dari Rp 515 Miliar (US$ 38 Juta) dalam Penelitian dan Pengembangan inovasi, mewakili 1% dari total pendapatan bersih tersebut.

Selain bisnis, tutur Nantapong, SCG juga melakukan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Proyek CSR-nya antara lain melakukan renovasi toilet sekolah, pelatihan bagi siswa sekolah menengah atas, dan pemberian beasiswa yang berkelanjutan selama 7 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…