Perkuat Bisnis, Chandra Asri Garap Sektor Infrastuktur

Oleh : Ridwan | Jumat, 01 Maret 2024 - 09:25 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung - PT Chandra Asri Pacific Tbk mendiversifikasi bisnis ke sektor infrastruktur. Diversifikasi bisnis ini dilakukan lewat anak usahanya, yakni Chandra Daya Investasi (CDI).

Diversifikasi dilakukan agar perseroan tak hanya bergantung pada bisnis petrokimia mengingat potensi bisnis dan aset yang dimiliki perseroan.

"Jadi kalau sekarang aset itu ada di bawah Chandra Asri, sekarang itu menjadi lini bisnis sendiri yang mempunyai revenue sendiri nantinya," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Hubungan Korporat Chandra Asri Group Suryandi dalam Media Workshop Hilirisasi Pada Sektor Industri Kimia dan Peran Sektor Infrastruktur di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/2).

Tentunya, lanjut Suryandi, dengan kondisi tersebut akan membuat laba bersih bisnis infrastruktur lebih stabil dibandingkan bisnis petrokimia dari Chandra Asri.

"Dengan demikian, bisnis infrastuktur yang akan dijalankan tidak akan berkaitan dengan operasional Chandra Asri," terangnya.

Dikesempatan yang sama, Direktur Legal, Hubungan Eksternal, dan Ekonomi Sirkular Chandra Asri Group, Edi Riva'i menjelaskan, CDI merupakan platform infrastruktur yang berfokus pada pembangkitan dan distribusi energi, pengolahan air, serta pengelolaan tangki dan dermaga di wilayah Cilegon. 

"Nantinya, CDI akan akan menjadi penyedia infrastruktur terintegrasi di wilayah dengan pertumbuhan tercepat," ungkap Edy.

Secara konsolidasi, jelas Edy, pengembangan bisnis ini tentu saja akan memperkuat bisnis dari Chandra Asri Group.

"CDI berfokus untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang, stabil, dan berkelanjutan. Hal ini memberikan peningkatan pertumbuhan lebih lanjut terhadap aset-aset dalam
portofolionya melalui, peningkatan nilai dengan keunggulan operasional, realisasi sinergi lintas
entitas, dan pengintegrasian praktik-praktik terbaik ESG," paparnya.

"Aset yang dimiliki oleh CDI telah dijamin dengan kontrak jangka panjang dengan klien terkemuka, yang menghasilkan aliran arus kas yang stabil dengan kemampuan pass-through yang tinggi untuk memberikan peningkatan kemampuan menghasilkan margin," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…