Keramik Bermotif Batik, Suguhkan Suasana Cantik di Meja Makan

Oleh : Anisa Triyuli | Kamis, 17 Mei 2018 - 16:00 WIB

Keramik motif batik mega mendung, Jawa Barat dalam pameran batik Cerah Ceria di Kementerian Perindustrian. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Keramik motif batik mega mendung, Jawa Barat dalam pameran batik Cerah Ceria di Kementerian Perindustrian. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Biasanya media batik adalah kain namun berbeda dengan yang satu ini, PT. Golden Manyaran menampilkan perlengkapan makan dan minum berbahan keramik seperti piring, gelas, teko dan lainnya pada pameran batik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (15-18/5) di Jakarta. Perusahaan ini menawarkan bermacam-macam perlengkapan makan dan minum berbahan keramik yang bermotifkan  batik khas Indoesia.

Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia dikenalkan oleh PT. Golden Manyaran dengan inovasi desain batik Indonesia di perlengkapan makan dan minum.

“Kami jadi dulunya kita lebih ke motif bunga dan motif lain seperti garis untuk perlengkapan makan dan minum , tapi kami berinovasi untuk mengeluarkan motif batik khas Indonesia” ujar Nur Wati Marketing PT. Golden Manyaran, pada pameran batik (16/5) di Jakarta.

Nur Wati menambahkan, banyak motif yang ditawarkan pada perlengkapan makan dan minum ini, seperti batik Jawa, seperti Yogyakarta, Cirebon, Solo dan lainnya.

Motif perlengkapan makan dan minum yang paling diminati saat ini yakni motif batik mega mendung dari Jawa Barat, batik klasik, batik kontemporer, serta batik parang.

Proses pembuatan untuk perlengkapan ini pun dilakukan dengan cetak desain dikertas khusus.

“Jadi untuk proses pembuatannya ini kita transfer paper, kita bikin cetak khusus setelah jadi kita temple di medianya lalu kita bakar, untuk proses pembakarannya di suhu 300-500 derajat” katanya.

Harga dari perlengkapan batik ini berkisar 125 ribu sampai 150 ribu per satuan.

“Harga untuk perlengkapan makan dan minum ini berkisar  125 ribu hingga 150 ribu untuk satuan, sedangkan satu set harga bisa berkisar 1 juta” imbuhnya.

Inovasi yang dilakukan dengan menggunakan media lain selain kain merupakan inovasi untuk lebih menciptakan kecintaan terhadap warisan budaya seperti batik yang beragam dari setiap daerah di Indonesia.   Selain itu, inovasi ini juga menyuguhkan suasana cantik di meja makan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…