Memotong Rantai Pasok Tetap Jadi Solusi Stabilkan Harga Pangan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 09 Mei 2018 - 15:23 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Pertanian hari ini melakukan rapat koordinasi dengan Nakhoda Baru, Badan Urusan Logistik (Bulog), Komjen. Purn. Polisi, Budi Waseso. Rapat kordinasi yang pertama sejak ditetapkan sebagai Direktur Utama Perum Bulog juga hadir Kasad TNI, yang diwakili Aster Kasad.

Mentan Andi Amran Sulaiman, sebagai nara sumber utama, pada rapat kordinasi ini,  memaparkan, rencana dan evaluasi "Sergap". Serap Gabah Petani dan Pengadaan 1000 Unit Dryer, di 8 Sentra Produksi Gabah Nasional, di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Andi Amran Sulaiman, dalam paparannya, menekankan pada pentingnya komitmen dan sinergitas antar lembaga terutama dilapangan, Kementerian Pertanian, sebagai regulator dan bertanggung jawab pada sisi produksi dan Bulog sebagai operator.

Keduanya harus mengambil peran dan tanggung jawab bersama, demi "Merah Putih", kita duduk bersama disini, seluruh jajaran "Pimpinan" Kementerian dan Unit Pelaksana Teknis dilapangan BPTP, hadir memenuhi undangan Kabulog,  ini bertujuan agar konsolidasi dapat tercapai mulai dari bawah, bahkan ditengah-tengah kita.

Hadir juga Pimpinan TNI AD, yang diwakili, Aster Kasad, Mayjend. Supartodi, beliau ini penanggung jawab dan pelaksana dilapangan, sudah 3 tahun kegiatan ini kita lakukan, berbagai asumsi sudah kita jalankan namun hingga hari ini persoalan yang dihadapi belum tuntas, pekan ini kita, merasa ada hal baru, laporan angka serapan dalam pekan pertama penugasan Kabulog baru, serapan naik hingga 22.000 ton/ hari, ini luar biasa, walau data hari ini dari lapangan turun menjadi 17.000 ton.

Kami yakin dengan kepeminpinan Kabulog baru, pasti semua berubah, dan sinergitas akan terlaksana hingga target serap gabah, sesuai arahan Bapak Presiden di Rakortas, 2,2 juta ton, beras dapat tercapai, demikian juga hal nya menyangkut ketersediaan stok pangan untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri, sampai saat ini aman, tahun lalu, stablitas harga mendapat apresiasi terbaik dalam 10 tahun terakhir.

"Tahun ini kita berharap harus lebih baik dari tahun lalu, tidak ada alasan untuk tidak lebih baik, demi Merah Putih, mari kita bangun kerja sama yang saling mendukung, ujar Mentan.

Mentan, juga menunjukkan beberapa analisa pasar yang abnormal, selama ini indikatornya adalah "stok Bulog dan suplay ke Pasar Induk Cipinang" bila terpenuhi akan menurunkan harga, saat ini "Stok Bulog ada 1 Juta Ton dan Suplay di Pasar Induk Beras Cipinang lebih 40.000, Ton" namun faktanya harga tidak signifikan turun, berarti ada yang salah dan harus diperbaiki.

Andi Amran Sulaiman, juga menegaskan bahwa semua "Kebijakan" yang  diambil atas Perintah Bapak Presiden, bila ada kepentingan pribadi  "Saya" akan Mundur hari ini atau jajaran Pejabat Kementan, yang main-main, akan saya pecat dihadapan bapak sekalian, tegas,  Andi Amran Sulaiman, diakhir paparannya.

Aster Kasad, Mayjen. TNI, Supartodi, dalam paparannya, menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan komitmen Serap Gabah Petani, serta Swasembada Pangan, yang berdasarkan pada Perintah Panglima Tertinggi, MOU di Pangkalan Bun, antara Kementerian Pertanian dengan TNI, dan  Panglima TNI, menugaskan TNI AD, sebaga mitra,  untuk pencapaian Swasembada Pangan.

Kami Optimis Bulog dibawah Nakhoda Pak Buwas, akan lebih baik, sementara itu, Kabulog, Budi Waseso, pada saat doorstop dengan Media, mengatakan, akan bekerja lebih cepat. Bulog akan melaksanakan masukan dari Menteri Pertanian dan TNI, lihat aja nanti, ujar Kabulog yang namanya sudah sangat dikenal ini, seraya tersenyum.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…