Kementan: Percepatan Serap Gabah Petani Terus Ditingkatkan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 April 2018 - 18:27 WIB

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

INDUSTRY co.idBandung-Dalam rangka percepatan Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) di Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Rakor menyepakati, serapan gabah/beras perlu dimaksimalkan mencapai 70% hingga bulan Juni dari total target Jawa Barat tahun 2018 sebesar 290.664 ton beras. Upaya percepatan akan dimaksimalkan hingga sebelum memasuki bulan Ramadhan, mengingat besarnya panen pada bulan April 2018 seluas 190.711 ha.

Dari laporan Perum Bulog pada 23 April, Jawa Barat menyerap 3.550 ton beras, jauh lebih besar dari target harian yang diberikan yaitu 1.615 ton.

Agung mengapresiasi keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja bersama seluruh pihak antara lain Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Perum Bulog, TNI, dan Perpadi yang juga sudah bergabung.

"Saya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya atas capaian Jawa Barat dalam melaksanakan Sergab, khususnya TNI dan Perpadi," kata Agung.

Sementara itu Ketua   Perpadi (Persatuan Perusahaan Penggilingan Padi) Daerah Jawa Barat Ermaya menyampaikan,  jajarannya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah baik melalui kerja sama dengan Bulog maupun TNI.

“Perpadi siap mendukung pemerintah mengisi cadangan dan kebutuhan Rastra.” Ujar Ermaya.

Menurut Ermaya, Perpadi  berharap kegiatan Sergap bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani.

Selain rakor,  Agung juga  mengunjungi penggilingan padi PB Putra Sunda di Desa Bojongsoang – Bandung. Menurut Akbar, pihaknya telah menyepakati kontrak sebesar 5% dari jumlah produksi untuk dijual kepada Perum Bulog Divre Jawa Barat sebagai Rastra dan CBP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BTN Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:02 WIB

BTN Fasilitasi KPR Atlet Komite Olimpiade Indonesia

PT Bank Tabungan Negara Tbk memfasilitasi kredit pemilikan rumah (KPR) atlet yang tergabung dalam Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan skema menarik dan terjangkau.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.

UOB Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:45 WIB

Transaksi Naik UOB Berikan Apresiasi Pemegang Kartu

Data industri kartu kredit yang menunjukan setiap akhir tahun transaksi mengalami kenaikan 13 persen dibandingkan bulan-bulan biasa, mendorong PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) membuat program…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:45 WIB

OJK akan Pantau Kesepakatan Jiwasraya dan Pemegang Polis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memantau kesepakatan yang telah dicapai antara PT. Jiwasraya (Persero) dengan pemegang polis terkait penundaan pembayaran polis jatuh tempo Jiwasraya kepada…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Ketum HKI Sambut Baik Kemenperin Pacu Pengembangan Kawasan Industri 4.0

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyatakan, pihaknya menyambut baik atas perhatian pemerintah terutama Kementerian Perindustrian yang fokus pada pengembangan kawasan…