Menteri BUMN Rini Resmikan BUMDES yang Menyerap Gabah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 14:36 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PT Mitra Desa Bersama Tempuran atau PT Mitra Sasaran yang menyerap gabah petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018)

"Kami bertanggung jawab melalui sinergi BUMN, kita bisa membuat satu sistem yang memperbaiki pendapatan petani. Sehingga kesejahteraan petani meningkat," katanya di sela peresmian program kewirausahaan petani, di Kecamatan Rawamerta, Karawang.

BUMDes Mitra Sasaran nantinya bakal memiliki fasilitas penggilingan padi. Sehingga bisa digunakan oleh para petani. Harapannya, dengan adanya penggilingan ini petani bisa menjual beras yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan gabah.

Dalam peresmian itu, PT Pupuk Indonesia mengenalkan Pupuk Indonesia (PI) Mart yang merupakan toko milik Mitra Sasaran, dengan menyediakan produk-produk pertanian diantaranya pupuk, pestisida, benih, beras, LPG, dan semen. Tujuannya memberikan fasilitas satu pintu kepada petani untuk pemenuhan kebutuhan petani.

Mitra Sasaran itu sendiri berlokasi di Kecamatan Rawamerta, Karawang dengan luas 39.954 meter2 atau hampir 4 hektare.

BUMDes Mitra Sasaran ini merupakan salah satu saluran program kewirausahaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani, yang dikembangkan oleh PT Pupuk Indonesia melalui salah satu anggota perusahaanya yaitu PT Pupuk Kujang.

Harapannya, Mitra Sasaran akan jadi mitra petani dalam berbagai kegiatan produksi tani mereka, seperti proses penyediaan bibit, pupuk, pengajuan Kredit Usaha Rakyat, hingga penjualan hasil tani.

Dalam kunjungannya ke Karawang, rombongan Menteri BUMN didampingi Bupati Karawang dan jajaran Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang melakukan kegiatan Panen bersama di kecamatan Tempuran.

Kemudian ada penyerahan Bantuan CSR dari Pupuk Indonesia yaitu Bedah Sekolah berupa pembangunan ruang kelas & tambahan MCK untuk SDN Lemah Duhur 2 dan 3.

Bantuan CSR itu menjadi bentuk perhatian dan kepedulian Pupuk Indonesia kepada generasi penerus bangsa, dalam kesempatan tersebut diberikan kepada siswa siswi di Kecamatan Tempuran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro (Foto Dok Humas)

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:00 WIB

Terwujudnya Kemandirian Kesehatan dan Obat Nasional Didukung Menristek

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan dalam upaya meningkatkan inovasi mesti terjalin sinergi yang positif…

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Papua Barat

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:45 WIB

Papua Barat Didorong Investasi Berkelanjutan Sektor Pertanian

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Investasi Hijau untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, di Hotel Swiss-Bellhotel, Kota Sorong (27/2).

PT PP Pro (Ist)

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:17 WIB

PT PP Properti Akan Mendapat Dana Segar Sebesar Rp 416 Miliar

Dana tersebut berasal dari hasil penawaran umum Obligasi Berkelanjutan II PP Properti Tahap I Tahun 2020.

UD Trucks Extra Mile Challenge

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:15 WIB

Ajak Pengemudi Naik Kelas, UD Trucks Kembali Gelar Extra Mile Challenge

UD Trucks Indonesia kembali menggelar Extra Mile Challenge. Ajang yang penyelenggaraannya memasuki tahun keempat ini masih terus diminati oleh para pengemudi UD Trucks di seluruh Indonesia.

Akhir Bulan, Pemerintah Pastikan Harga Gas Untuk Tiga Sektor ini

Kamis, 27 Februari 2020 - 10:10 WIB

Mengapa Faisal Basri Kekeh Menolak Rencana Harga Gas untuk Industri US$6 per MMBTU, Tidak Pro Pertumbuhan?

Dasarnya menurunkan harga gas industri itu apa? hitung-hitungannya dari mana sehingga harga gas industri harus 6 dolar,