Menteri BUMN Rini Resmikan BUMDES yang Menyerap Gabah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 14:36 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PT Mitra Desa Bersama Tempuran atau PT Mitra Sasaran yang menyerap gabah petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018)

"Kami bertanggung jawab melalui sinergi BUMN, kita bisa membuat satu sistem yang memperbaiki pendapatan petani. Sehingga kesejahteraan petani meningkat," katanya di sela peresmian program kewirausahaan petani, di Kecamatan Rawamerta, Karawang.

BUMDes Mitra Sasaran nantinya bakal memiliki fasilitas penggilingan padi. Sehingga bisa digunakan oleh para petani. Harapannya, dengan adanya penggilingan ini petani bisa menjual beras yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan gabah.

Dalam peresmian itu, PT Pupuk Indonesia mengenalkan Pupuk Indonesia (PI) Mart yang merupakan toko milik Mitra Sasaran, dengan menyediakan produk-produk pertanian diantaranya pupuk, pestisida, benih, beras, LPG, dan semen. Tujuannya memberikan fasilitas satu pintu kepada petani untuk pemenuhan kebutuhan petani.

Mitra Sasaran itu sendiri berlokasi di Kecamatan Rawamerta, Karawang dengan luas 39.954 meter2 atau hampir 4 hektare.

BUMDes Mitra Sasaran ini merupakan salah satu saluran program kewirausahaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani, yang dikembangkan oleh PT Pupuk Indonesia melalui salah satu anggota perusahaanya yaitu PT Pupuk Kujang.

Harapannya, Mitra Sasaran akan jadi mitra petani dalam berbagai kegiatan produksi tani mereka, seperti proses penyediaan bibit, pupuk, pengajuan Kredit Usaha Rakyat, hingga penjualan hasil tani.

Dalam kunjungannya ke Karawang, rombongan Menteri BUMN didampingi Bupati Karawang dan jajaran Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang melakukan kegiatan Panen bersama di kecamatan Tempuran.

Kemudian ada penyerahan Bantuan CSR dari Pupuk Indonesia yaitu Bedah Sekolah berupa pembangunan ruang kelas & tambahan MCK untuk SDN Lemah Duhur 2 dan 3.

Bantuan CSR itu menjadi bentuk perhatian dan kepedulian Pupuk Indonesia kepada generasi penerus bangsa, dalam kesempatan tersebut diberikan kepada siswa siswi di Kecamatan Tempuran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.