Hadapi Arus Teknologi, Menteri Jonan Paparkan Jurus Leadership di Rakor Pembangunan Daerah DIY

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 10:00 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Menghadapi derasnya arus teknologi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memaparkan jurus jitu leadership (kepemimpinan) untuk diterapkan para pemimpin di berbagai daerah untuk dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Kita tidak bisa menahan zaman, maka kita yang harus ber-'evolusi', bukan 'revolusi' tapi 'evolusi', dari reaktif jadi proaktif, itu kuncinya," ujar Jonan pada Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Yogyakarta, Rabu (18/4/2018).

Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan jajarannya.

Menurut Jonan, selain memiliki pengikut, yang lebih penting bagi seorang pemimpin adalah hasil. "Tunjukkan apa hasil yang telah diraih, tidak perlu bercerita panjang lebar tentang proses lagi, itu sudah bagian way of life, yang penting hasil, bukan popularitas. Kalau harus milih populer atau hasil, saya lebih memilih hasil," lanjutnya.

Selain itu, Jonan berpesan kepada pimpinan DPRD, Bupati/Walikota, dan para pimpinan badan/dinas di DIY yang hadir untuk dapat memberikan contoh nyata. "Untuk dapat mentransfer ilmu kepada orang lain yang berasal dari berbagai rentang usia, mengurangi gap, kuncinya adalah memberi contoh nyata," ujar Jonan.

Menurut Jonan, sangat penting bagi pemimpin memberikan teladan bagi bawahannya. Pemimpin juga harus menentukan target-target keberhasilan jangka pendek sebagai bagian proses transformasi organisasi.

Dan terakhir, leadership bukanlah soal ranking, titel, atau tentang uang, tapi leadership adalah tentang tanggungjawab. "Sedikit tanggung jawabnya, tapi diselesaikan sampai tuntas. Jangan terlalu banyak visi, terlalu banyak kajian tapi masalah organisasi yang simpel justru tak terselesaikan," pungkas Menteri Jonan.

Kehadiran Menteri ESDM pada acara yang mengusung tema "Transformation Leadership: Inspirasi Pembangunan Daerah yang Berkualitas" tersebut diharapkan memberikan inspirasi bagi birokrat Pemda DIY dalam mengelola pembangunan daerah yang berkualitas. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembuatan Sedan Mercedes-Benz, Gunung Putri Bogor (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 16:06 WIB

Penuhi Permintaan, Mercedes Benz The New Class akan Produksi di Indonesia

Mercedes-Benz baru saja memulai produksi mobil generasi terbarunya yaitu C-Class di pabriknya di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Produksi ini khusus untuk memenuhi pasar Indonesia.

Pameran Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2018 yang berlangsung pada tanggal 2-6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang

Kamis, 13 Desember 2018 - 16:01 WIB

Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah, ISEF lahirkan kesepakatan kerjasama lebih dari Rp3 triliun

Bank Indonesia (BI) terus menjaga komitmennya untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya dengan mendorong industri halal tanah air

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:05 WIB

Terkait BP Batam, Menperin: Keputusannya Single Otoriti di Pemda

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto turut mengomentari perihal pembubaran BP Batam.

Deputi Gubernur BI kiri dan Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:51 WIB

BNI Syariah Hadir Dalam Perhelatan International ISEF Surabaya

Surabaya - BNI Syariah kembali mendukung Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 yang digagas oleh Bank Indonesia untuk kelima kalinya.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Franciscus Welirang (Foto: Kadin Indonesia)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:50 WIB

Kadin Nilai Tapioka dan Mocaf Bisa Dukung Ketahanan Pangan

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franciscus Welirang mengatakan, Indonesia adalah negara yang telah dikarunia dengan kekayaan umbi-umbian,…