Nilai Ekonomi Industri Tembakau Lebih Tinggi dari Komoditas Lainnya

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 14:11 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Industri Hasil Tembakau (IHT) di Indonesia memberikan kontribusi kependatan negara melalui pajak dan cukai. Sisi lain, menyerap tenaga kerja, penerimaan dan perlindungan terhadap petani tembakau.

Penerimaan cukai rokok 9 persen dari total penerimaan negara dari pajak, ini berdasarkan laporan Direktorat Bea dan Cukai pada 2016.

Soeseno, Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia(APTI) mengatakan, komoditas tembakau sebagai tanaman turun-menurun merupakan bukti pertanian tembakau bisa berkelanjutan, karena budidaya tembakau adalah realitas kultural.

"Sampai saat ini, komoditas tembakau memjadi pilihan di saat musim kemarau, karena mempunyai nilai ekonomi tinggi dibandingkan dengan komoditas pertanian lainnya," ujar dia di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Ia katakan, hasil penelitian Universitas Airlangga pada 2013, Hasilnya, dengan luas lahan yang sama , penerimaab tembakau Rp53.282.874 lebih tinggi dibandingkan penerimaan dari jenis padi Rp13.235.778, jagung Rp4.606.162, cabai Rp9.429.971 dan bawang merah Rp7.537.791, kesemuanya berdasarkan per hektar.

"Sayangnya gaung suara sumbang terhadap IHT cukup nyaring. Padahal, pengembangan IHT juga memperhatikan kesehatan masyarakat, selain tetap nengusahakan agar industry dapat tumbuh dengan baik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.

PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:32 WIB

Gandeng Tiongkok, Bakrie Otoparts Akan Kembangkan Bus Listrik

Bakrie Otoparts gandeng perusahaan Tiongkok BYD Corporation mengembangkan bus listrik untuk digunakan di sejumlah kota di Indonesila dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan dan…