Pelindo III Dukung Ekspor Jagung Indonesia ke Filipina

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:17 WIB

Gubernur NTB TGH. Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)
Gubernur NTB TGH. Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Perseroan Terbatas Pelindo III mendukung upaya ekspor jagung Indonesia ke Filipina dengan memastikan jadwal keberangkatan kapal pengangkut jagung itu dari Pelabuhan Badas, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ekspor jagung nasional ini diangkut dengan menggunakan dua kapal curah yang sandar di Pelabuhan Badas, yakni MV. Sea Dragon yang berkapasitas 6.600 ton dan MV. Royal 16 dengan kapasitas 4.900 ton," kata Manager Pelindo III Pelabuhan Badas, Wahyu Wirawan, di Surabaya, Selasa (203/2018)

Wahyu dalam keterangan persnya yang diterima awak media  di Surabaya mengatakan untuk memastikan ekspor berjalan lancar dan sesuai jadwal, Pelindo III telah memulai proses pemuatan jagung ekspor tersebut sejak, Jumat (16/3).

Ia mengatakan, Pelindo III memprioritaskan tambatan untuk kedua kapal ekspor jagung tersebut sesuai koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Fasilitas yang kami berikan adalah jembatan timbang di Pelabuhan Badas, yang memberikan akurasi data jumlah komoditi jagung yang dimuat dari truk ke kapal. Lalu ketiga, Pelindo III juga memastikan kelancaran layanan antrean truk-truk pengangkut jagung tersebut," katanya.

Wahyu mengaku, Pelindo III memberikan perhatian khusus untuk pengembangan infrastruktur pelabuhan di kepulauan Nusa Tenggara dan saat ini dalam proses membangun 11 terminal penumpang, empat di antaranya ditargetkan selesai pada tahun ini.

"Pekan lalu juga baru saja menyepakati kerja sama dengan PT Muria Sumba Manis terkait peningkatan fasilitas Pelabuhan Waingapu untuk mendukung distribusi produk gula dari perkebunan tebu yang sedang dikembangkan di sana," katanya.

Ia mengatakan, harus diakui potensi bentang alam kepulauan Nusa Tenggara belum optimal dimanfaatkan untuk memproduksi hasil bumi, sehingga jaringan infrastruktur transportasi juga belum terhubung dengan baik.

"Namun meski begitu dukungan pemerintah melalui BUMN tetap hadir untuk membangun infrastruktur demi merangsang produksi komoditas. Ekspor Jagung dari Sumbawa membuktikan hal tersebut. Komoditas yang diproduksi dapat terserap ke pasar dengan dukungan kesiapan infrastruktur, seperti di Pelabuhan Badas ini yang dikelola Pelindo III," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTB menargetkan 100 ribu ton dari 300 ribu ton target ekspor jagung Indonesia ke Filipina dicukupi dari kabupaten tersebut.

"Penetapan target itu seiring peningkatan produksi yang terjadi dalam tujuh tahun terakhir. Sumbawa saat ini merupakan penghasil jagung terbesar di NTB. Jadi tidak salah Kementerian Pertanian RI memilih Sumbawa sebagai tempat pengiriman jagung ke Filipina," kata Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…