Charoen Pokphand Indonesia Luncurkan Program Bedah Kandang

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 Januari 2017 - 07:30 WIB

Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)
Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (PT CPI), meluncurkan program Bedah Kandang, sebagai perwujudan kepedulian perusahaan kepada masyarakat, khususnya para peternak konvensional yang masih menggunakan sistem kandang terbuka.

Melalui program Bedah Kandang, PT CPI memberikan bantuan kepada peternak secara gratis berupa bimbingan teknis serta peralatan peternakan (poultry equipment) untuk memperbaiki atau mengoptimalkan fungsi dari kandang yang dimiliki para peternak.

Bantuan peralatan yang diberikan berupa tempat pakan, tempat minum otomatis, pemanas / gasolec yang digunakan saat masa pemeliharaan anak ayam, kipas dan  tirai.

Head Customer Care & Technical Development, Hamam Wahyu Triwibowo mengatakan, pada saat ini Berdasarkan hasil pemantauan team Technical Service dilapangan, masih ditemukan banyak kendala secara manajemen yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam ras pedaging , misalkan pada saat awal pemeliharaan dibutuhkan panas yang cukup untuk menghangatkan anak – anak ayam.

"Di lapangan masih banyak ditemukan peternak yang menggunakan kayu bakar, akan tetapi tanpa disadari, asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut malah tidak baik untuk pertumbuhan anak ayam tersebut, oleh karena itu  disarankan diganti dengan pemanas jenis lain, contohnya Gasolec yang menggunakan gas," ujar Hamam melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id.

Ia mencontohkan, kesalahan manajemen lainnya yang ditemukan, pada umur ayam besar, ayam membutuhkan  suhu rendah / dingin, sedangkan untuk indonesia yang merupakan daerah tropis, dimana pada saat suhu tinggi bisa mengakibatkan heat stress, yang bisa meningkatkan angka kematian.

Maka disarankan diberi kipas untuk menurunkan suhu yang dirasa ayam dan dan akan berefek pada menurunnya angka kematian. Diharapkan dengan perbaikan menejemen pemeliharaan ini akan meningkatkan produktifitas dari peternakan tersebut.

Berkaitan dengan kegiatan Bedah kandang ini, team Technical service akan mendampingi peternak untuk dibantu secara teknis , agar dari awal pemeliharaan DOC ( anak ayam umur sehari) sudah sesuai dengan standar manajemen kandang yang baik.

"Pendampingan oleh team teknis ini akan dilakukan selama 2 periode pemeliharaan secara terus menerus, dan setelah melewati masa pendampingan team teknis tetap akan memantau hasil performance dari kandang tersebut setiap periodenya" kata Hamam.

Santo Kadarusman,  Public Relations & Marketing Event Manager, menambahkan PT. CPI memiliki komitmen kuat untuk turut membangun sektor peternakan Indonesia.

"sehubungan dengan itu di tahun 2017, PT. CPI dibawah pengawasan  Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk melakukan Bedah 100 Kandang di wilayah Jabotabek – Jabar," kata Santo.

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia, di Ruang Linggar Jati, Hotel Horizon , Bandung pada tanggal 17 Januari 2017. PT. CPI sebagai pihak berharap seiring dengan meningkatnya kesejahteraan peternak, PT.CPI dan peternak dapat berjalan bersama untuk membangun peternakan yang lebih baik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…

Gubernur BI Agus Martowardojo

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

BI Jamin Inflasi dan Indikator Stabilitas Ekonomi Terjaga Selama Tahun Politik

Bank Indonesia berjanji inflasi dan indikator stabilitas makro ekonomi lainnya akan terjaga sesuai nilai fundamental, meskipun kegiatan ekonomi tahun ini akan dipengaruhi masifnya agenda politik…