Charoen Pokphand Indonesia Luncurkan Program Bedah Kandang

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 Januari 2017 - 07:30 WIB

Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)
Penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (PT CPI), meluncurkan program Bedah Kandang, sebagai perwujudan kepedulian perusahaan kepada masyarakat, khususnya para peternak konvensional yang masih menggunakan sistem kandang terbuka.

Melalui program Bedah Kandang, PT CPI memberikan bantuan kepada peternak secara gratis berupa bimbingan teknis serta peralatan peternakan (poultry equipment) untuk memperbaiki atau mengoptimalkan fungsi dari kandang yang dimiliki para peternak.

Bantuan peralatan yang diberikan berupa tempat pakan, tempat minum otomatis, pemanas / gasolec yang digunakan saat masa pemeliharaan anak ayam, kipas dan  tirai.

Head Customer Care & Technical Development, Hamam Wahyu Triwibowo mengatakan, pada saat ini Berdasarkan hasil pemantauan team Technical Service dilapangan, masih ditemukan banyak kendala secara manajemen yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam ras pedaging , misalkan pada saat awal pemeliharaan dibutuhkan panas yang cukup untuk menghangatkan anak – anak ayam.

"Di lapangan masih banyak ditemukan peternak yang menggunakan kayu bakar, akan tetapi tanpa disadari, asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut malah tidak baik untuk pertumbuhan anak ayam tersebut, oleh karena itu  disarankan diganti dengan pemanas jenis lain, contohnya Gasolec yang menggunakan gas," ujar Hamam melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id.

Ia mencontohkan, kesalahan manajemen lainnya yang ditemukan, pada umur ayam besar, ayam membutuhkan  suhu rendah / dingin, sedangkan untuk indonesia yang merupakan daerah tropis, dimana pada saat suhu tinggi bisa mengakibatkan heat stress, yang bisa meningkatkan angka kematian.

Maka disarankan diberi kipas untuk menurunkan suhu yang dirasa ayam dan dan akan berefek pada menurunnya angka kematian. Diharapkan dengan perbaikan menejemen pemeliharaan ini akan meningkatkan produktifitas dari peternakan tersebut.

Berkaitan dengan kegiatan Bedah kandang ini, team Technical service akan mendampingi peternak untuk dibantu secara teknis , agar dari awal pemeliharaan DOC ( anak ayam umur sehari) sudah sesuai dengan standar manajemen kandang yang baik.

"Pendampingan oleh team teknis ini akan dilakukan selama 2 periode pemeliharaan secara terus menerus, dan setelah melewati masa pendampingan team teknis tetap akan memantau hasil performance dari kandang tersebut setiap periodenya" kata Hamam.

Santo Kadarusman,  Public Relations & Marketing Event Manager, menambahkan PT. CPI memiliki komitmen kuat untuk turut membangun sektor peternakan Indonesia.

"sehubungan dengan itu di tahun 2017, PT. CPI dibawah pengawasan  Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk melakukan Bedah 100 Kandang di wilayah Jabotabek – Jabar," kata Santo.

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerjasama antara Dinas Peternakan Jawa Barat dengan Manajemen PT. Charoen Pokphand Indonesia, di Ruang Linggar Jati, Hotel Horizon , Bandung pada tanggal 17 Januari 2017. PT. CPI sebagai pihak berharap seiring dengan meningkatnya kesejahteraan peternak, PT.CPI dan peternak dapat berjalan bersama untuk membangun peternakan yang lebih baik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…