Menag Imbau Umat Beragama Antisipasi Peristiwa Inteleransi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Maret 2018 - 09:36 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Klaten,- Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengimbau seluruh umat beragama termasuk umat Hindu yang pada saat ini tengah bersiap merayakan Hari Raya Nyepi agar mengantisipasi peristiwa intoleransi.

"Setiap umat beragama wajib memperkokoh kerukunan dan mengantisipasi peristiwa intoleransi yang berpotensi memecah-belah persatuan," katanya di sela pelaksanaan Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan di Klaten, kemarin.

Ia mengatakan sebagai bangsa dengan kultur keberagaman yang sudah lama ada, sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat untuk merawat dan menginternalisasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya juga berharap tema besar kali ini benar-benar bisa menjadi panduan, bukan hanya bersifat filosofis tetapi juga konkrit," katanya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh umat Hindu di manapun berada untuk menjadikan Hari Suci Nyepi sebagai sumber inspirasi dalam menata perbuatan, perkataan dan pikiran. Ia juga berharap dengan menata tiga hal tersebut umat Hindu mampu menghindari sifat-sifat kebatilan.

"Upacara ini bukan hanya bermakna pengorbanan tulus ikhlas kepada semesta tetapi juga kesadaran diri. Harapan saya ke depan umat Hindu mampu meningkatkan kualitas umat Hindu mulai dari pendidikan hingga ekonomi," katanya.

Menurut dia, pada saat menjalankan Nyepi, merupakan momentum umat Hindu untuk melakukan mawas diri dan refleksi tindakan pada masa lalu dan apa yang akan dilakukan di masa datang untuk meningkatkan kualitas diri sebagai umat beragama.

Sementara itu, ia juga berharap agar pada pelaksanaan Hari Raya Nyepi tersebut seluruh masyarakat yang tidak merayakan ibadah Nyepi bisa menghormati dan menghargai umat Hindu karena ibadah Nyepi membutuhkan konsentrasi tinggi, "Begitu juga sebaliknya, umat Hindu yang menjalankan Nyepi agar menghormati yang lain. Tidak menuntut berlebihan untuk dihargai dan dihormati," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…