Menag Imbau Umat Beragama Antisipasi Peristiwa Inteleransi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Maret 2018 - 09:36 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Klaten,- Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengimbau seluruh umat beragama termasuk umat Hindu yang pada saat ini tengah bersiap merayakan Hari Raya Nyepi agar mengantisipasi peristiwa intoleransi.

"Setiap umat beragama wajib memperkokoh kerukunan dan mengantisipasi peristiwa intoleransi yang berpotensi memecah-belah persatuan," katanya di sela pelaksanaan Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan di Klaten, kemarin.

Ia mengatakan sebagai bangsa dengan kultur keberagaman yang sudah lama ada, sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat untuk merawat dan menginternalisasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya juga berharap tema besar kali ini benar-benar bisa menjadi panduan, bukan hanya bersifat filosofis tetapi juga konkrit," katanya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh umat Hindu di manapun berada untuk menjadikan Hari Suci Nyepi sebagai sumber inspirasi dalam menata perbuatan, perkataan dan pikiran. Ia juga berharap dengan menata tiga hal tersebut umat Hindu mampu menghindari sifat-sifat kebatilan.

"Upacara ini bukan hanya bermakna pengorbanan tulus ikhlas kepada semesta tetapi juga kesadaran diri. Harapan saya ke depan umat Hindu mampu meningkatkan kualitas umat Hindu mulai dari pendidikan hingga ekonomi," katanya.

Menurut dia, pada saat menjalankan Nyepi, merupakan momentum umat Hindu untuk melakukan mawas diri dan refleksi tindakan pada masa lalu dan apa yang akan dilakukan di masa datang untuk meningkatkan kualitas diri sebagai umat beragama.

Sementara itu, ia juga berharap agar pada pelaksanaan Hari Raya Nyepi tersebut seluruh masyarakat yang tidak merayakan ibadah Nyepi bisa menghormati dan menghargai umat Hindu karena ibadah Nyepi membutuhkan konsentrasi tinggi, "Begitu juga sebaliknya, umat Hindu yang menjalankan Nyepi agar menghormati yang lain. Tidak menuntut berlebihan untuk dihargai dan dihormati," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).