Menag Imbau Umat Beragama Antisipasi Peristiwa Inteleransi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Maret 2018 - 09:36 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Klaten,- Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengimbau seluruh umat beragama termasuk umat Hindu yang pada saat ini tengah bersiap merayakan Hari Raya Nyepi agar mengantisipasi peristiwa intoleransi.

"Setiap umat beragama wajib memperkokoh kerukunan dan mengantisipasi peristiwa intoleransi yang berpotensi memecah-belah persatuan," katanya di sela pelaksanaan Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan di Klaten, kemarin.

Ia mengatakan sebagai bangsa dengan kultur keberagaman yang sudah lama ada, sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat untuk merawat dan menginternalisasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya juga berharap tema besar kali ini benar-benar bisa menjadi panduan, bukan hanya bersifat filosofis tetapi juga konkrit," katanya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh umat Hindu di manapun berada untuk menjadikan Hari Suci Nyepi sebagai sumber inspirasi dalam menata perbuatan, perkataan dan pikiran. Ia juga berharap dengan menata tiga hal tersebut umat Hindu mampu menghindari sifat-sifat kebatilan.

"Upacara ini bukan hanya bermakna pengorbanan tulus ikhlas kepada semesta tetapi juga kesadaran diri. Harapan saya ke depan umat Hindu mampu meningkatkan kualitas umat Hindu mulai dari pendidikan hingga ekonomi," katanya.

Menurut dia, pada saat menjalankan Nyepi, merupakan momentum umat Hindu untuk melakukan mawas diri dan refleksi tindakan pada masa lalu dan apa yang akan dilakukan di masa datang untuk meningkatkan kualitas diri sebagai umat beragama.

Sementara itu, ia juga berharap agar pada pelaksanaan Hari Raya Nyepi tersebut seluruh masyarakat yang tidak merayakan ibadah Nyepi bisa menghormati dan menghargai umat Hindu karena ibadah Nyepi membutuhkan konsentrasi tinggi, "Begitu juga sebaliknya, umat Hindu yang menjalankan Nyepi agar menghormati yang lain. Tidak menuntut berlebihan untuk dihargai dan dihormati," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…