Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 April 2024 - 11:14 WIB

Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo
Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

INDUSTRY.co.id - Solo - Wali Kota Solo dan sekaligus Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka, hadir dalam acara budaya Pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon Semar Kembar Sembrodo Larung di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, tadi malam 27/4/2024.

Pagelaran wayang ini menghadirkan Ki Dalang Dr. Ir. H. Warseno Slenk, dalang terkenal dan adik dalang senior Ki Anom Suroto.

Yusril yang diminta memberikan kata pengantar dalam acara wayangan tersebut mengatakan wayangan dengan Lakon Semar Kembar Sembodro Larung itu bukan pertunjukan biasa. Pagelaran itu penuh makna spiritual dan simbolis sebagai "ruwatan" atau "tolak bala" dalam tradisi spiritual Jawa-Islam.

Yang diruwat adalah negara, yang mengandung makna sejak merdeka tahun 1945, berbagai peristiwa baik menyenangkan maupun tidak, telah silih berganti terjadi dalam perjalanan sejarah bangsa kita.

"Dengan ruwatan ini, lebih-lebih usai pemilu 2024, kita mendoakan agar tidak terjadi hal-hal buruk pada bangsa kita. "Segala bala dan bencana yang akan terjadi kita tolak dengan ritual budaya ini. Semoga diperkenankan Tuhan YME," kata Yusril.

Yusril menambahkan, kita merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa kita yang majemuk, bekerja sama sebagai saudara sebangsa untuk menciptakan perdamaian dan membangun ekonomi menuju Indonesia Emas di tahun 2045. Budaya, menurut Yusril, akan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara kita.

Yusril dan Gibran meninggalkan pagelaran tepat jam 22.00, sementara wayangan akan berlangsung sampai menjelang subuh. Semakin larut, semakin banyak warga Solo dan sekitarnya datang menyaksikan pagelaran ini.

Gibran mengatakan pertemuannya dengan Yusril di Loji Gandrung semata-mata menghadiri acara budaya. Tidak ada pembicaraan politik antara keduanya. Yusril juga mengatakan hal yang sama kepada para wartawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu jajaran direksi Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon),

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB

Menperin Agus Temui Bos Neta Sampaikan Hal Ini

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan otomotif asal China, Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon), yang telah merealisasikan investasinya melalui bendera PT Neta Auto…