Calon Gubernur Jateng Sudirman Said Programkan Sekolah Pamong Desa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Februari 2018 - 04:27 WIB

Pasangan Balon Gubernur dan Wagub Jateng Sudirman Said-Ida Fauziyah (Foto Dok Industry.co.id)
Pasangan Balon Gubernur dan Wagub Jateng Sudirman Said-Ida Fauziyah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Temanggung- Calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said memprogramkan sekolah pamong desa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi perangkat desa.

"Sekolah pamong desa saya yakini sesuatu yang akan berdampak besar karena ketika kami bicara dengan perangkat desa, mereka menyambut dengan baik," katanya di Temanggung, Sabtu (17/2/2018)

Ia menyampaikan hal tersebut usai menyampaikan visi misi calon gubernur dan wagub yang diselenggarakan Badan Kerja Sama Antargereja Kristen dan Forum Lintas Iman Kabupaten Temanggung.

Untuk menjadi camat mereka ada pendidikan di STPDN dan untuk menjadi polisi juga ada sekolahnya. Namun untuk menjadi seorang perangkat desa selama ini belum ada tempat pendidikannya.

Secara pendidikan namanya juga di desa pasti tidak sebaik teman-teman di kota, tetapi tugasnya sebenarnya cukup berat oleh karena itu perlu membekali atau perlu memperkuat mereka dengan kemampuan administrasi, manajerial, dan kepemimpinan.

"Walaupun kecil sebenarnya mereka punya proyek, maka menejemen proyek mesti diberikan kepada mereka termasuk soal kontrol atau pengawasan karena kepala desa memang menjadi ujung tombak dari pembangunan," katanya.

Ia mengatakan kepala desa diberi tanggung jawab dana cukup besar, tetapi kemudian ujungnya sering terpeleset dan sebagian besar dari mereka itu bukan niat untuk korupsi tetapi karena kealpaan administrasi.

Menurut dia sekolah npamong desa anggarannya nanti disiapkan oleh provinsi, kalau kurang bisa minta bantuan pemerintah pusat karena punya kesempatan untuk mengusulkan.

"Cara masuknya kita buat perda yang mewajibkan setiap perangkat desa terpilih atau diangkat harus masuk ke dalam program pelatihan dulu, saya rasa tidak akan ada yang menolak ini karena memang sesuatu yang mereka butuhkan," katanya.

Ia menuturkan bagaimana perangkat desa yang menjadi ujung tombak pembangunan itu mendapat bekal atau hal-hal yang sifatnya praktis. Setelah itu bisa membuat pelatihan lanjutan. Tidak usah lama-lama, misalnya tiga bulan saja diberi segala macam keterampilan dasar pasti akan membawa perubahan besar bagi mereka. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…