Promosikan Produk Mamin, Indonesia Gandeng Distributor AS di WFFS 2018

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Januari 2018 - 13:18 WIB

Produk Mamin (ist)
Produk Mamin (ist)

INDUSTRY.co.id - San Francisco - Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran Winter Fancy Food Show (WFFS) pada 21-23 Januari 2018 di Moscone Center, San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Pada gelaran kali ini, Indonesia menjalin kerja sama dengan Khong Guan USA Corp (KGC), salah satu distributor terkemuka produk mamin Asia untuk membantu mendistribusikan produk-produk Indonesia di AS.

Dikutip dari laman Kementerian Perdagangan, Senin (29/1/2019), Pada pameran WFFS ini, KGC melakukan kurasi produk yang ditampilkan di paviliun Indonesia dan memberikan masukan kepada peserta dari Indonesia.

Menurut KGC, produk Indonesia yang ditampilkan pada umumnya telah siap untuk memasuki pasar AS. Namun demikian, beberapa produk masih perlu disesuaikan dengan ketentuan dan selera pasar AS, baik dalam hal kemasan maupun komposisi bahan agar diterima pasar AS.

KGC memberikan panduan terkait beberapa produk yang dianggap siap untuk pasar AS, terutama produk yang cocok untuk masuk dalam daftar distribusi produk mamin KGC, ungkap Koordinator Ekonomi Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Fransisco, Hanggiro Setiabudi.

Hanggiro menambahkan, KGC telah memasok pasar Amerika Utara dan mengimpor lebih dari 2.000 produk dari 11 negara di Asia. Selain itu, KGC juga telah memasok secara terus menerus ke berbagai supermarket dan jaringan ritel besar di AS, seperti Kroger, Walmart, Target, Walgreen, Cost Plus, Ralph, dan Safeway.

Masukan yang diberikan KGC kepada para peserta sangat berharga, terutama mengenai kalkulasi struktur harga, agar produk Indonesia dapat diterima di pasar AS. Kita juga akan terus mengawal dan menjalin kerja sama dengan distributor agar produk mamin Indonesia bisa menembus pasar AS, jelas Hanggiro.

Pada keikutsertaan kali ini, paviliun Indonesia menghadirkan empat perusahaan yaitu Pondan, Kapal Api, Jawa Import, dan Harendong Arum Tea. Perusahaan Indonesia tersebut menampilkan berbagai varian produk makanan organik dan makanan olahan, seperti berbagai bumbu rempah organik, teh premium, kopi premium, gula kelapa, minuman air kelapa, makanan ringan serta
berbagai bahan untuk pembuatan roti, kue, es krim, dan sambal.

Pameran WFFS selalu menjadi pilihan bagi produsen makanan untuk meluncurkan berbagai produk terbaru. Pameran ini juga menjadi tempat para buyer dan distributor memilih produk baru yang akan mereka jual, baik untuk grosir maupun ritel, ujar Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, Antonius A. Budiman.

Pameran WFFS kali ini, diikuti sekitar 1.400 peserta dari 20 negara dan dihadiri sekitar 30.000
pengunjung. Peserta pameran terdiri dari pelaku industri terkemuka dalam bidang makanan, restoran, dan katering seperti Wholefood, Kroger, Formaggio Kitchen, Starbucks, Trade Joes, UNFI, KeHE, dan Southern Season, serta sejumlah jaringan hotel.

Total nilai pasar makanan premium di AS pada tahun 2016 sebesar USD 127,4 juta dengan peningkatan sekitar 15% dari tahun sebelumnya. Produk utama makanan premium yang dikonsumsi masyarakat AS yaitu keju dan keju nabati; daging sapi, unggas, dan hasil laut baik yang beku atau yang didinginkan; kentang, pretzel, dan makanan ringan; kopi dan kakao; serta roti dan makanan panggang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.