Kompetisi Mixologist, Polaris Master ExPOLrasi 2024 Lahirkan Inovasi Tren Minuman Kekinian

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Mei 2024 - 10:39 WIB

Polaris Master ExPOLrasi 2024
Polaris Master ExPOLrasi 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Tren makanan dan minuman di Indonesia kian berkembang, khususnya di kalangan anak-anak muda yang belakangan menyebutnya dengan istilah ‘Makanan atau Minuman Kekinian’. Setiap tahunnya pasti selalu bermunculan hal baru yang menarik untuk dicoba. 

Sebuah fakta menunjukkan bahwa sekitar 49,25% penduduk Indonesia menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli makanan dan minuman (F&B). Secara demografis, 53,81% dari populasi ini adalah generasi muda millennial yang gemar mencoba produk dan pengalaman baru.

Maka tidak heran kini industri restoran dan kafe berloma-lomba untuk menawarkan beragam konsep unik pada setiap menunya. Tidak hanya menu makanan, kini mengonsumsi minuman dengan rasa dan penyajian unik yang dikenal dengan Mixology juga tengah menjadi tren. Suguhan minuman yang unik dengan proses pembuatan yang rumit ini menjadi preferensi terkini para anak muda agar dapat merasakan cita rasa dan sensasi dari minuman-minuman tersebut.

Mixology itu sendiri merupakan sebuah seni dan ilmu dalam meracik minuman dengan berbagai macam bahan yang dicampur melalui serangkaian uji coba dan pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan minuman dengan cita rasa baru, unik dan orisinil. Tentunya diperlukan keterampilan khusus dari para Mixologist agar dapat menuangkan kreativitas dan keahlian mereka untuk meracik kreasi minuman dengan rasa yang unik, inovatif dan berkualitas.

Untuk itu, Polaris Drink sebagai brand minuman berkarbonasi milik PT Tempo Scan Pacific Tbk. mengajak para bartender maupun Mixologist profesional dan berkualitas untuk ikut serta dalam gelaran kompetisi Mixologist yang bertajuk Polaris Master ExPOLrasi 2024. 

Aviaska D. Respati sebagai Managing Director CCHC PT Tempo Scan Pacific Tbk. mengungkapkan bahwa melalui kompetisi ini, Polaris ingin memberikan tantangan kepada para Mixologist berbakat di Indonesia yang saat ini sedang berkembang dengan menunjukkan kepiawaian mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru dalam meracik minuman dengan berbahan dasar Polaris yang dikombinasikan bersama bahan lainnya sehingga menghasilkan sebuah minuman dengan cita rasa yang unik dan spesial.

“Polaris Master ExPOLrasi adalah program sekaligus upaya kami sebagai salah satu produsen minuman berkarbonasi Indonesia dalam mendukung bertumbuhnya Mixologist berbakat di Indonesia pada khususnya untuk mengasah kemampuan dan kreativitas melalui kompetisi Mixology serta meningkatkan minat konsumen dalam mengeksplorasi kreasi minuman untuk memberikan pengalaman baru menemukan kombinasi rasa yang unik dan menarik,” ujar Aviaska.

Rangkaian kompetisi ini melibatkan peserta yang datang dari kalangan hotel, restoran, maupun café ternama di Ibukota dan berlangsung pada hari Jum’at, 3 Mei 2024 di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta.

Pada kompetisi perdana ini, Polaris Master ExPOLrasi menggandeng sejumlah juri profesional yang merupakan para ahli di bidang industri makanan dan minuman di Indonesia, salah satunya yaitu William Gozali, yang dikenal sebagai chef ternama di Indonesia. Ia pun dikenal memiliki keahlian khusus dalam menciptakan berbagai kreasi minuman unik yang lezat. William mengungkapkan antusiasmenya dalam keterlibatannya sebagai juri di kompetisi ini. 

“Berkaca dari pengalaman karir saya yang juga berangkat dari sebuah kompetisi, maka tentunya saya sangat antusias untuk dapat menjadi saksi dalam lahirnya bibit-bibit Mixologist berbakat di Indonesia,” ujar pria yang kerap disapa WillGoz.

Para finalis berlomba dalam adu kepiawaian meracik minuman di hadapan juri dan bersaing ketat dengan diuji berdasarkan kriteria penilaian. Setiap peserta diminta untuk bereksperimen dan membuat minuman yang menarik dengan berbagai bahan dan teknik. 

Kreasi ini wajib melibatkan varian terbaru dari produk Polaris yaitu Polaris Bitter Lemon yang hadir melengkapi rangkaian Polaris Soda Water, Polaris Coffee Cream dan Polaris Sarsaparila. Polaris minuman berkarbonasi yang sudah 10 tahun menemani masyarakat Indonesia memberikan sensasi kesegaran maksimal di setiap tegukan, serta memberikan pengalaman seru dalam EksPOLrasi berbagai kreasi minuman.

Setelah melalui penilaian yang ketat, kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh tiga Mixologist terbaik. Seluruh pemenang selain dinobatkan sebagai Polaris Master ExPOLrasi juga mendapatkan trophy dan sertifikat serta uang tunai dengan total jutaan rupiah.

William Gozali sebagai juri utama menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada para pemenang, “Selamat kepada para pemenang dari kompetisi ini, saya memberikan apresiasi tertinggi kepada para finalis yang telah bersaing ketat untuk dapat menciptakan kreasi minuman yang tidak hanya sekedar enak dan memiliki visual yang menarik, tapi juga mampu membuat minuman yang memiliki cerita yang kuat dibalik resepnya, baik dari sejarahnya maupun esensinya. Saya harap kompetisi Polaris Master ExPOLrasi ini menjadi ajang untuk melatih dan menantang kemampuan diri para peserta, bahkan mampu membuka peluang untuk dapat bersaing di industri global,” ungkap Willgoz.

Lebih lanjut lagi, Aviaska menekankan bahwa hasil eksplorasi bersama Polaris akan menghadirkan kenikmatan, kesenangan, serta pengalaman yang seru dan berkesan, “Kami berharap seluruh peserta, terutama para pemenang berhasil mendapat inspirasi hasil racikan minuman yang spesial setelah bereksplorasi bersama Polaris”, tutup Aviaska.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…