Ada Holding Bank BUMN, Bagaimana Nasib Bank Syariah BUMN?

Oleh : Wiyanto | Selasa, 21 November 2017 - 12:07 WIB

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)
Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pefindo terus memantau perkembangan rencana pembentukan holding bagi perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Direncanakan Danareksa akan menjadi holding perbankan BUMN. Bagaimana nasib anak usaha di sektor syariahnya?

Analis Pefindo Hendro Utomo mengungkapkan, dampak ke Mandiri Syariah dan BRI Syariah, belum digali atas rencana induk masing-masing yang akan mempunyai holding.

"Pembentukn holding bank kami pantau terkait peringkat Danareksa perseroan kami berikan positif, karena Danareksa ditunjuk holding BUMN bank. Bagaimana dampak bank syariah seperti Mandiri Syariah  dan BRI Syariah kami lihat peringkat keduanya masih terlepas kemungkinan aksi korporasi, jika holding BMN bank terealisasi. Belum kami masukan ke pemeringkatan," kata dia di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Ia menilai sampai saat ini, dukungan terhadap Mandiri Syariah dan BRI Syariah, berasal dari induk kedua bank ini. "Peringkat keduanya masih dipengaruhi dukungan pemegang saham dan posisi kedua perusahaan cukup kuat segmen perbankan syraiah," katanya.

Terkait akan adanya pemerintah mengambil alih saham selain dari induk, Hendro belum mengakaji lebih dalam dampak ke peringkat kedua bank syariah ini.

"Memang sempat ada wacara merger bank syariah BUMN, apakah jadi satu, belum jadi hal dipertimbamgkn karrna fokus perioritas holding bank BUMN, kalau terlaksana final dipertimbangkan kajian merger dapat diteruskan atau tidak," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…

Press conference di Gedung Perpustakaan Nasional terkait Rakornas dan HUT ke-44 Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:21 WIB

Rayakan HUT Ke-44 Perpusnas, Ini Rangkaian Acara Yang Dilaksanakan Tanggal 7-31 Mei 2024

Rayakan HUT ke-44, Perpusnas menggelar sebanyak 27 rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai 7-31 Mei 2024.

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.