Maja Akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 19 November 2017 - 06:22 WIB

Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)
Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Banten - Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono meminta para pemangku kepentingan untuk mengembangkan Kota Baru Maja secara mandiri dan tidak lagi tergantung pada Jakarta. Kota Baru Maja diproyeksi bakal dihuni hingga 1,2 juta jiwa di mana separuh dari jumlah tersebut merupakan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pembangunan Kota Baru Maja menurut Basuki merupakan upaya pemerintah dalam menahan laju urbanisasi ke kota besar, terutama Jakarta. Basuki mengatakan, Maja yang terletak 90 km di Barat Jakarta harus dibangun dengan visi kota mandiri dengan banyak aktivitas, tidak sebatas permukiman.

"Maja harus menghidupi diriya sendiri. Jangan sampai Maja bergantung lagi dengan Jakarta," ujarnya selepas peresmian proyek Citra Maja Raya di Maja, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Basuki menuturkan, pemerintah bakal mendukung pembangunan Kota Baru Maja lewat beragam proyek infrastruktur, terutama jalan akses. Dalam rencana induk, Kementerian PUPR bakal membangun jalan sepanjang 51 km. Jalan ini terbentang dari Pamulang--Setu--Parung Pajang--Maja. Saat ini juga tengah dibangun jalan tol Serpong--Balaraja oleh konsorsium Bumi Serpong Damai.

Kebutuhan air bersih di Kota Baru Maja juga akan disokong oleh Bendungan Karian yang saat ini progres pekerjaan fisiknya mencapai 40%. Bendungan ini mampu memasok air dengan kapasitas 200 liter per detik.

Semantara itu, Direktur Utama PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata mengatakan Citra Maja Raya dibangun diatas lahan seluas 2.000 Hektar turut membangun perumahan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah. Hal ini sebagai upaya mewujudkan program pemerintah dalam program sejuta rumah.

Hingga saat ini Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk didalamnya sekitar 8.000 unit rumah yang dikhususkan MBR. Selain itu Citra Maja Raya akan segera membangun 1.000 unit rumah MBR subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

“Dengan dukungan infrastruktur yang baik, Maja akan menjadi destinasi pertumbuhan ekonomi baru di Lebak – Banten,” ujarnya

Ia menambahkan, dalam perencanaannya kota ini akan dilengkapi dengan fasilitas komersial Eco Plaza, Pendidikan, Kesehatan, Sport Club, Water Park, Pasar Modern, Shuttle Bus, Sub terminal, Eco park berupa ruang terbuka hijau, Theme park dan fasilitas lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.