Maja Akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 19 November 2017 - 06:22 WIB

Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)
Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Banten - Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono meminta para pemangku kepentingan untuk mengembangkan Kota Baru Maja secara mandiri dan tidak lagi tergantung pada Jakarta. Kota Baru Maja diproyeksi bakal dihuni hingga 1,2 juta jiwa di mana separuh dari jumlah tersebut merupakan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pembangunan Kota Baru Maja menurut Basuki merupakan upaya pemerintah dalam menahan laju urbanisasi ke kota besar, terutama Jakarta. Basuki mengatakan, Maja yang terletak 90 km di Barat Jakarta harus dibangun dengan visi kota mandiri dengan banyak aktivitas, tidak sebatas permukiman.

"Maja harus menghidupi diriya sendiri. Jangan sampai Maja bergantung lagi dengan Jakarta," ujarnya selepas peresmian proyek Citra Maja Raya di Maja, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Basuki menuturkan, pemerintah bakal mendukung pembangunan Kota Baru Maja lewat beragam proyek infrastruktur, terutama jalan akses. Dalam rencana induk, Kementerian PUPR bakal membangun jalan sepanjang 51 km. Jalan ini terbentang dari Pamulang--Setu--Parung Pajang--Maja. Saat ini juga tengah dibangun jalan tol Serpong--Balaraja oleh konsorsium Bumi Serpong Damai.

Kebutuhan air bersih di Kota Baru Maja juga akan disokong oleh Bendungan Karian yang saat ini progres pekerjaan fisiknya mencapai 40%. Bendungan ini mampu memasok air dengan kapasitas 200 liter per detik.

Semantara itu, Direktur Utama PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata mengatakan Citra Maja Raya dibangun diatas lahan seluas 2.000 Hektar turut membangun perumahan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah. Hal ini sebagai upaya mewujudkan program pemerintah dalam program sejuta rumah.

Hingga saat ini Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk didalamnya sekitar 8.000 unit rumah yang dikhususkan MBR. Selain itu Citra Maja Raya akan segera membangun 1.000 unit rumah MBR subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

“Dengan dukungan infrastruktur yang baik, Maja akan menjadi destinasi pertumbuhan ekonomi baru di Lebak – Banten,” ujarnya

Ia menambahkan, dalam perencanaannya kota ini akan dilengkapi dengan fasilitas komersial Eco Plaza, Pendidikan, Kesehatan, Sport Club, Water Park, Pasar Modern, Shuttle Bus, Sub terminal, Eco park berupa ruang terbuka hijau, Theme park dan fasilitas lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…